Pengenalan
Pada masa kejayaan Abbasiyah, yang berlangsung dari abad ke-8 hingga abad ke-13, dunia Islam mengalami perkembangan yang pesat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Pada waktu itu, sistem pendidikan Islam berkembang dengan pesat, dengan fokus utama pada pengajaran ilmu pengetahuan dan agama.
Metode Pengajaran yang Digunakan
Pada masa Abbasiyah, terdapat berbagai metode pengajaran yang digunakan untuk memfasilitasi pembelajaran siswa. Beberapa metode yang populer pada masa itu antara lain:
1. Pengajaran Berbasis Kitab
Salah satu metode pengajaran yang populer pada masa Abbasiyah adalah pengajaran berbasis kitab. Guru akan mengajar langsung dari kitab-kitab yang dianggap penting dan relevan. Kitab-kitab tersebut mencakup berbagai disiplin ilmu, seperti matematika, fisika, kimia, sejarah, dan sastra.
2. Pembelajaran Berkelompok
Pada masa Abbasiyah, metode pembelajaran berkelompok juga populer. Siswa-siswa dikelompokkan menjadi beberapa kelompok kecil yang dipimpin oleh seorang guru. Kelompok-kelompok ini akan saling berdiskusi, berbagi pengetahuan, dan saling membantu dalam memahami materi pelajaran.
3. Pengajaran Lisan
Pengajaran lisan juga menjadi metode yang umum digunakan pada masa Abbasiyah. Guru akan memberikan penjelasan secara lisan kepada siswa, serta memberikan contoh-contoh praktis untuk memperjelas pemahaman siswa terhadap materi pelajaran.
4. Pengajaran Melalui Permainan
Metode pengajaran melalui permainan juga banyak digunakan pada masa Abbasiyah. Guru akan menggunakan permainan atau aktivitas yang menarik untuk mengajarkan konsep-konsep yang sulit dipahami. Hal ini bertujuan agar siswa lebih tertarik dan mudah memahami materi pelajaran.
Metode Pengajaran yang Tidak Digunakan
Meskipun terdapat berbagai metode pengajaran yang digunakan pada masa Abbasiyah, namun terdapat juga metode yang tidak digunakan. Beberapa metode pengajaran yang tidak digunakan pada masa itu di antaranya:
1. Pengajaran dengan Teknologi
Pada masa Abbasiyah, teknologi belum berkembang sepesat saat ini. Oleh karena itu, pengajaran dengan menggunakan teknologi seperti proyektor, komputer, atau multimedia tidak digunakan pada masa itu.
2. Pengajaran Dalam Bentuk E-Learning
Pengajaran dalam bentuk e-learning, yang menggunakan platform atau aplikasi online untuk pembelajaran, juga tidak digunakan pada masa Abbasiyah. Pendidikan pada masa itu lebih berfokus pada pengajaran langsung antara guru dan siswa di dalam kelas.
3. Pendekatan Pembelajaran Berbasis Proyek
Pendekatan pembelajaran berbasis proyek, yang melibatkan siswa dalam proyek atau tugas nyata untuk memperdalam pemahaman mereka, juga tidak digunakan pada masa Abbasiyah. Metode ini lebih umum diterapkan pada masa modern.
Kesimpulan
Pada masa Abbasiyah, terdapat berbagai metode pengajaran yang digunakan untuk memfasilitasi pembelajaran siswa. Metode-metode tersebut meliputi pengajaran berbasis kitab, pembelajaran berkelompok, pengajaran lisan, dan pengajaran melalui permainan. Namun, terdapat juga metode pengajaran yang tidak digunakan pada masa itu, seperti pengajaran dengan teknologi, pengajaran dalam bentuk e-learning, dan pendekatan pembelajaran berbasis proyek. Perkembangan metode pengajaran terus berlanjut seiring waktu, dan metode-metode modern yang tidak digunakan pada masa Abbasiyah kini telah menjadi bagian penting dalam pendidikan.