pajak mobil terios 2022

Diposting pada

Pajak mobil menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan oleh setiap pemilik kendaraan di Indonesia. Pajak ini merupakan kewajiban yang harus dipenuhi setiap tahunnya. Bagi Anda yang memiliki mobil Terios tahun 2022, berikut ini adalah informasi terkait pajak mobil Terios 2022 yang perlu Anda ketahui.

Pajak Kendaraan Bermotor (PKB)

Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) merupakan salah satu jenis pajak yang harus dibayarkan oleh pemilik kendaraan bermotor di Indonesia. Pajak ini berlaku untuk semua jenis kendaraan bermotor termasuk mobil. PKB dihitung berdasarkan kapasitas mesin kendaraan.

Untuk mobil Terios 2022, tarif PKB yang dikenakan adalah sebesar 2% dari harga kendaraan. Harga kendaraan yang digunakan sebagai dasar perhitungan PKB adalah harga jual yang tercantum dalam Surat Pemberitahuan Hasil Pemeriksaan (SPH) yang dikeluarkan oleh produsen atau importir kendaraan.

Sebagai contoh, jika harga mobil Terios 2022 yang tercantum dalam SPH adalah Rp200.000.000, maka PKB yang harus dibayarkan adalah sebesar 2% x Rp200.000.000 = Rp4.000.000.

Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM)

Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) merupakan pajak yang dikenakan atas penjualan barang-barang mewah termasuk mobil. Pajak ini berbeda dengan PKB karena dikenakan saat pembelian mobil baru dan hanya berlaku sekali.

Baca Juga:  Tugas Penata Panggung Adalah Menjamin Kelancaran Pertunjukan

Untuk mobil Terios 2022, tarif PPnBM yang dikenakan adalah sebesar 10% dari harga jual mobil. Harga jual mobil yang digunakan sebagai dasar perhitungan PPnBM adalah harga mobil setelah dikurangi dengan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) 10%.

Sebagai contoh, jika harga jual mobil Terios 2022 sebesar Rp200.000.000, maka PPnBM yang harus dibayarkan adalah sebesar 10% x (Rp200.000.000 – (10% x Rp200.000.000)) = Rp18.000.000.

Pajak Kendaraan Bermotor Lainnya

Selain PKB dan PPnBM, pemilik mobil Terios 2022 juga perlu memperhatikan beberapa jenis pajak kendaraan bermotor lainnya. Salah satunya adalah Pajak Penyelenggaraan Jasa Lalu Lintas Jalan (PJLPJ). Pajak ini dikenakan untuk mendukung penyelenggaraan jasa lalu lintas jalan.

Tarif PJLPJ untuk mobil Terios 2022 adalah sebesar Rp2.500.000 per tahun. Pajak ini harus dibayarkan setiap tahunnya bersamaan dengan pembayaran PKB.

Cara Pembayaran Pajak Mobil Terios 2022

Untuk membayar pajak mobil Terios 2022, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Periksa SPH mobil Terios 2022 Anda untuk mengetahui harga kendaraan yang digunakan sebagai dasar perhitungan PKB.
  2. Hitung PKB yang harus dibayarkan dengan rumus 2% x harga kendaraan.
  3. Lakukan pembayaran PKB ke bank yang ditunjuk oleh pemerintah.
  4. Periksa harga jual mobil Terios 2022 untuk mengetahui harga mobil setelah dikurangi dengan PPN.
  5. Hitung PPnBM yang harus dibayarkan dengan rumus 10% x (harga jual mobil – (10% x harga jual mobil)).
  6. Lakukan pembayaran PPnBM ke bank yang ditunjuk oleh pemerintah.
  7. Periksa tarif dan jadwal pembayaran PJLPJ untuk mobil Terios 2022.
  8. Lakukan pembayaran PJLPJ ke bank yang ditunjuk oleh pemerintah.
Baca Juga:  Nissan Magnite Harga: SUV Stylish dengan Fitur Mewah

Pastikan untuk membayar pajak mobil Terios 2022 tepat waktu agar tidak terkena denda atau sanksi lainnya. Pemerintah menetapkan tanggal jatuh tempo pembayaran pajak setiap tahunnya.

Konklusi

Pajak mobil Terios 2022 terdiri dari PKB, PPnBM, dan pajak kendaraan bermotor lainnya seperti PJLPJ. PKB dihitung berdasarkan harga kendaraan, sedangkan PPnBM dikenakan saat pembelian mobil baru. Pembayaran pajak harus dilakukan tepat waktu untuk menghindari denda atau sanksi lainnya. Pastikan untuk mengikuti prosedur pembayaran yang ditetapkan oleh pemerintah. Dengan membayar pajak mobil Terios 2022 secara tepat, Anda dapat menggunakan mobil dengan aman dan nyaman di jalan raya Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *