Arti Kata Celek Bahasa Jawa

Diposting pada

Pengenalan

Bahasa Jawa adalah salah satu bahasa yang kaya akan kosakata dan ekspresi unik. Salah satu kata yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari adalah “celek”. Dalam artikel ini, kita akan membahas arti kata “celek” dalam bahasa Jawa dan bagaimana penggunaannya dalam kalimat sehari-hari.

Apa Arti Kata Celek?

Kata “celek” dalam bahasa Jawa memiliki beberapa makna tergantung pada konteksnya. Secara harfiah, “celek” berarti “menyilaukan” atau “membuat buta”. Namun, dalam penggunaan sehari-hari, arti kata ini lebih cenderung mengacu pada sikap atau perilaku seseorang yang terlalu sombong, arogan, atau berlagak.

Contoh Penggunaan dalam Percakapan Sehari-hari

1. “Wong iki kok celek banget, ora iso ngomong karo wong liya.” (Orang ini terlalu sombong, tidak bisa berbicara dengan orang lain.)

2. “Sopo sing arep nggawe wong kaya iki, rasa-rasane kudu celek.” (Siapa yang ingin menjadi orang seperti ini, rasanya harus sombong.)

Baca Juga:  HP Android 3 Jutaan Terbaik Paling Banyak Diburu

3. “Aku ora suka ngobrol karo wong sing celek, ora bisa ngerti wektu.” (Aku tidak suka berbicara dengan orang yang sombong, mereka tidak bisa menghargai waktu.)

Perbedaan dengan Kata Lain

Dalam bahasa Jawa, terdapat beberapa kata lain yang memiliki makna mirip dengan “celek”, seperti “mburi” dan “mendem”. Namun, perbedaannya terletak pada tingkat kesombongan yang ditunjukkan oleh seseorang. “Celek” memiliki konotasi yang lebih negatif, menunjukkan sikap yang sangat sombong dan arogan.

Sikap Celek dalam Masyarakat Jawa

Sikap celek dalam masyarakat Jawa tidaklah dianggap positif. Orang yang terlalu sombong dan berlagak sering kali dianggap tidak sopan dan tidak menghargai orang lain. Dalam budaya Jawa, sikap rendah hati dan sederhana sangat dihargai, sehingga sikap celek tidaklah populer.

Penggunaan dalam Sastra Jawa

Bahasa dan budaya Jawa memiliki warisan sastra yang kaya, seperti wayang kulit, tembang macapat, dan puisi. Dalam beberapa karya sastra Jawa, kata “celek” sering digunakan untuk menggambarkan karakter antagonis yang sombong dan congkak.

Baca Juga:  Mercedes G Class Harga: Kendaraan Mewah dengan Harga yang Menggiurkan

Kesimpulan

Dalam bahasa Jawa, kata “celek” memiliki arti sombong, arogan, dan berlagak. Penggunaan kata ini menggambarkan sikap seseorang yang terlalu menyombongkan diri dan tidak menghargai orang lain. Dalam budaya Jawa, sikap rendah hati dan sederhana sangat dihargai, sehingga sikap celek tidaklah populer. Dalam beberapa karya sastra Jawa, kata “celek” sering digunakan untuk menggambarkan karakter antagonis yang sombong dan congkak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *