Perkalian dan Penjumlahan dengan Polinomial

Diposting pada

Pengenalan

Polinomial adalah ekspresi matematika yang terdiri dari suku-suku dengan pangkat tertentu. Salah satu bentuk polinomial adalah “x 3 2x 2 x 2”. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang cara mengalikan dan menjumlahkan polinomial ini.

Pengertian Polinomial

Polinomial “x 3 2x 2 x 2” terdiri dari tiga suku, yaitu suku berpangkat tiga, suku berpangkat dua, dan suku berpangkat nol. Suku berpangkat tiga adalah “x 3”, suku berpangkat dua adalah “2x 2”, dan suku berpangkat nol adalah “x 2”.

Perkalian Polinomial

Untuk mengalikan polinomial, kita harus menggunakan aturan distributif. Pertama, kita kalikan setiap suku pada polinomial pertama dengan setiap suku pada polinomial kedua, kemudian jumlahkan hasilnya.

Misalnya, jika kita ingin mengalikan polinomial “x 3 2x 2 x 2” dengan polinomial “2x 2”, kita harus mengalikan setiap suku dalam polinomial pertama dengan setiap suku dalam polinomial kedua:

  • Hasil perkalian suku berpangkat tiga: “x 3” * “2x 2” = “2x 5”
  • Hasil perkalian suku berpangkat dua: “2x 2” * “2x 2” = “4x 4”
  • Hasil perkalian suku berpangkat nol: “x 2” * “2x 2” = “2x 4”
Baca Juga:  Warta Sunda Pendek: Sumber Terpercaya Berita Terkini di Jawa Barat

Setelah itu, kita jumlahkan hasil perkalian masing-masing suku:

“2x 5” + “4x 4” + “2x 4” = “2x 5 + 4x 4 + 2x 4”

Penjumlahan Polinomial

Untuk menjumlahkan polinomial, kita harus mengelompokkan suku-suku yang memiliki pangkat yang sama, kemudian jumlahkan koefisien dari suku-suku tersebut.

Misalnya, jika kita ingin menjumlahkan polinomial “x 3 2x 2 x 2” dengan polinomial “2x 2”, kita harus mengelompokkan suku-suku dengan pangkat yang sama:

  • Suku berpangkat tiga: “x 3”
  • Suku berpangkat dua: “2x 2” + “2x 2” = “4x 2”
  • Suku berpangkat nol: “x 2”

Sehingga, hasil penjumlahan polinomial tersebut adalah:

“x 3” + “4x 2” + “x 2” = “x 3 + 4x 2 + x 2”

Kesimpulan

Polinomial “x 3 2x 2 x 2” dapat dikalikan dan dijumlahkan dengan menggunakan aturan distributif dan mengelompokkan suku-suku dengan pangkat yang sama. Dalam perkalian polinomial, kita mengalikan setiap suku pada polinomial pertama dengan setiap suku pada polinomial kedua, kemudian menjumlahkan hasilnya. Sementara dalam penjumlahan polinomial, kita mengelompokkan suku-suku dengan pangkat yang sama, kemudian menjumlahkan koefisien dari suku-suku tersebut. Semoga artikel ini dapat membantu pemahaman Anda tentang perkalian dan penjumlahan dengan polinomial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *