Tata Cara Sholat Qobliyah Subuh Latin

Diposting pada

Pendahuluan

Sholat merupakan salah satu ibadah yang penting dalam agama Islam. Salah satu jenis sholat yang sering dilakukan umat Muslim adalah sholat subuh. Sholat subuh memiliki berbagai macam tata cara pelaksanaan, salah satunya adalah tata cara sholat qobliyah subuh latin. Dalam artikel ini, akan dijelaskan secara detail mengenai tata cara pelaksanaan sholat qobliyah subuh dengan menggunakan bahasa Latin.

Tata Cara Sholat Qobliyah Subuh Latin

1. Niat Sholat
Niat sholat qobliyah subuh dilakukan dalam hati sebelum memulai sholat. Niat tersebut dapat diucapkan secara lisan dengan mengatakan “Saya niat sholat qobliyah subuh sunnah karena Allah Ta’ala”.

2. Berdiri Iftitah
Setelah niat, berdirilah dengan tegak menghadap kiblat. Letakkan tangan di samping tubuh dengan kaki rapat dan pandangan mata lurus ke tempat sujud.

3. Takbiratul Iftitah
Ucapkan takbiratul iftitah dengan mengangkat kedua tangan sejajar dengan bahu sambil mengucapkan “Allahu Akbar”. Setelah itu, letakkan tangan di bawah dada.

Baca Juga:  Jembatan Cibadak Ambruk: Peristiwa yang Mengguncangkan Warga Setempat

4. Membaca Al-Fatihah
Baca Al-Fatihah dengan khusyuk. Bacalah surat ini secara pelan dan jelas.

5. Rukuk
Setelah membaca Al-Fatihah, rukuklah dengan meletakkan kedua tangan di atas lutut. Punggung harus dalam keadaan lurus dan pandangan mata diarahkan ke ujung hidung.

6. I’tidal
Bangkitlah dari rukuk dengan posisi tangan di bawah dada. Bacalah doa “Sami’allahu liman hamidah” dan “Rabbana wa lakal hamd”.

7. Sujud Pertama
Bersujudlah dengan meletakkan kening, hidung, kedua tangan, dan kedua lutut di lantai. Telapak tangan harus menyentuh lantai dan jari-jari kaki rapat.

8. Duduk di Antara Dua Sujud
Duduk di antara dua sujud dengan posisi tangan di atas paha kiri. Bacalah doa “Rabbighfirli” sebanyak tiga kali.

9. Sujud Kedua
Lakukan sujud kedua dengan posisi yang sama seperti sujud pertama.

10. Tahiyat Awal
Setelah sujud kedua, duduklah dengan posisi tangan di atas paha kiri. Bacalah tahiyat awal dengan mengucapkan “At-Tahiyyatu lillahi…”

11. Tahiyat Akhir
Setelah tahiyat awal, baca tahiyat akhir dengan mengucapkan “Ashhadu alla ilaha illallah…”

Baca Juga:  Jadwal Film Bioskop Transmart Buah Batu: Tonton Film Favorit Anda di Kota Bandung

12. Salam
Tutuplah sholat dengan memberi salam ke kanan dan kiri dengan mengucapkan “Assalamu’alaikum warahmatullah”.

Kesimpulan

Sholat qobliyah subuh merupakan salah satu jenis sholat yang penting dalam agama Islam. Dalam melaksanakan sholat ini, penting untuk mengikuti tata cara yang benar. Dalam artikel ini, telah dijelaskan secara detail mengenai tata cara sholat qobliyah subuh latin. Dengan mempelajari dan mengamalkan tata cara yang benar, diharapkan umat Muslim dapat melaksanakan sholat subuh dengan khusyuk dan mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *