Cara verifikasi ulang BCA Mobile adalah langkah yang perlu nasabah lakukan agar dapat menggunakan aplikasi BCA Mobile kembali dengan aman.
Langkah ini biasanya pengguna perlukan untuk mengaktifkan kembali akun mereka di aplikasi tersebut.
Artinya, pengguna yang baru saja mengganti ponsel, menghapus data aplikasi, atau melakukan reset pabrik, perlu memahami cara verifikasi ulang ini.
Seperti Apa Cara Verifikasi Ulang BCA Mobile yang Bisa Anda Coba?
Seperti yang kita tahu bahwa aplikasi BCA Mobile adalah salah satu layanan perbankan online yang dari Bank Central Asia (BCA).
Aplikasi ini hadir dengan tujuan untuk memudahkan nasabahnya dalam melakukan berbagai transaksi keuangan kapan saja dan dari mana saja.
Sebagai aplikasi keuangan dan perbankan, maka aspek keamanan pun menjadi salah satu prioritas bagi pengembang aplikasinya.
Tak salah jika kemudian aplikasi ini membuthkan verifikasi ulang pengguna setiap kali ada pembaruan sistem, perubahan data pribadi, atau perangkat baru.
Artinya, mekanisme verifikasi ulang ini bertujuan untuk meningkatkan keamanan dan perlindungan data nasabah dari potensi penyalahgunaan oleh oknum yang tak bertanggung jawab.
Nah, mekanisme verifikasi ulang ini bisa pengguna lakukan melalui beberapa opsi, yaitu menggunakan token BCA, kode OTP (lewat SMS atau email) dan scan wajah.
Beruntung, proses verifikasi ulang ini terbilang instan dan hanya perlu pengguna lakukan sekali saja sesuai penyebabnya.
Penyebab BCA Mobile Meminta Verifikasi Lagi
Berikut adalah beberapa alasan yang mungkin menjelaskan mengapa aplikasi BCA Mobile meminta verifikasi kembali:
Mencegah Penyalahgunaan
Aplikasi BCA Mobile membutuhkan pemverifikasian ulang untuk meningkatkan keamanan dan perlindungan data nasabah.
Verifikasi ulang dapat membantu memastikan bahwa akun nasabah tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak berhak.
Mencengah Akses yang tidak Sah
Untuk menghindari percobaan akses yang tidak sah, maka aplikasi BCA Mobile akan meminta verifikasi ulang jika ada perubahan pada perangkat yang mengakses aplikasi.
Contoh, saat nasabah mengganti nomor telepon, kartu SIM, atau ponsel, maka aplikasi akan meminta untuk verifikasi ulang untuk memastikan bahwa nasabah memang benar melakukan perubahan.
Jadi pada dasarnya, verifikasi kembali ini merupakan salah satu opsi keamanan tambahan untuk memastikan tidak ada penyalahgunaan akses.
Adanya Gangguan Sistem
Untuk memastikan bahwa setiap transaksi keuangan nasabah selalu aman, maka aplikasi juga akan meminta verifikasi ulang seandainya terjadi masalah pada sistem maupun jaringan.
Contoh ketika pengguna bertransaksi, tiba-tiba tejadi pemadaman listrik, pemeliharaan server, atau gangguan sinyal koneksi.
Langkah-langkah Verifikasi Ulang BCA Mobile
Seperti yang sudah kami jelaskan tadi, ada beberapa opsi untuk melakukan verifikasi ulang, yaitu
Menggunakan Token BCA
Untuk melakukan verifikasi ulang aplikasi BCA Mobile menggunakan token BCA, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:
- Buka aplikasi kemudian pilih menu Verifikasi Ulang.
- Silakan masukkan nomor rekening dan PIN ATM, kemudian tekan Lanjut.
- Pilih metode verifikasi Token BCA kemudian masukkan nomor seri token BCA Anda.
- Apabila sudah sesuai, tekan Lanjut.
- Setelah itu, masukkan kode OTP yang muncul pada layar token BCA Anda lalu tekan Lanjut.
- Berikutnya Anda perlu menunggu hingga proses verifikasi selesai.
Anda akan menerima pemberitahuan saat aplikasi BCA Mobile Anda telah berhasil verifikasi ulang.
Menggunakan Kode OTP
Untuk melakukan verifikasi ulang aplikasi BCA Mobile (SMS maupun email), silakan mengikuti langkah-langkah berikut:
- Buka aplikasi kemudian pilih menu Verifikasi Ulang.
- Masukkan nomor ponsel dan alamat email yang terhubung ke akun BCA Anda.
- Anda akan menerima kode One Time Password (OTP) melalui SMS dan email.
- Silakan masukkan kode OTP tersebut ke aplikasi BCA Mobile.
- Apabila kode OTP yang Anda masukkan benar, maka akan muncul notifikasi Verifikasi Ulang Berhasil di aplikasi.
Pastikan Anda memiliki kuota internet atau pulsa yang cukup untuk menerima kode OTP tersebut.
Menggunakan Scan Wajah
Untuk melakukan verifikasi ulang aplikasi BCA Mobile menggunakan peminadaian wajah, silakan mengikuti langkah berikut:
- Buka aplikasi dan pilih Verifikasi Ulang.
- Selanjutnya pilih opsi metode verifikasi Scan Wajah kemudian tekan tombol Mulai.
- Silakan arahkan bidikan kamera ponsel ke wajah Anda dan pastikan wajah Anda terlihat jelas di layar.
- Setelah itu, silakan ikuti instruksi yang muncul di layar, seperti menggerakkan kepala Anda ke kiri, kanan, atas, atau bawah.
- Anda perlu menunggu proses verifikasi selesai sebelum mendapatkan notifikasi bahwa verifikasi ulang berhasil.
Pastikan ponsel Anda memiliki kamera yang berfungsi saat memilih opsi verifikasi ulang dengan metode ini.
Akhir Kata
Mudah bukan cara verifikasi ulang BCA Mobile di atas? Anda bisa memilih salah satu dari pilihan cara di atas sesuai dengan kondisi atau preferensi Anda.
Jika kesulitan atau terkendala untuk verifikasi ulang, silakan hubungi Halo BCA di nomor 1500888 atau melalui email [email protected] atau kunjungi cabang BCA terdekat.