Kelebihan dan Kekurangan itel A50

5 Kelebihan dan Kekurangan itel A50 yang Ekonomis

Diposting pada

Kelebihan dan kekurangan itel A50 mungkin perlu menjadi perhatian bagi pengguna yang berencana untuk membeli produk terbaru dari itel tersebut. 

Pasar smartphone Tanah Air memang semakin ramai sejak kian gencarnya Transsion Holdings mengekspansi pasar, utamanya untuk HP terjangkau. 

Anda yang berminat untuk mencoba itel A50 yang diperkenalkan pada bulan Juli 2024 kemarin ini, bisa mempertimbangkan bberapa poin berikut. 

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangan itel A50? 

Kelebihan dan Kekurangan itel A50

Apabila kita lihat dari tabel spesifikasi dan harganya, HP ini memang tidak akan menggebrak pasar dengan menawarkan sesuatu yang wow-able. 

Namun secara garis besar, ia diperkenalkan sebagai HP ekonomis yang sudah cukup untuk kebutuhan sehari-hari. 

Ya, dari segi kualitas layar, kamera, prosesor dan baterai, itel A50 ini memberikan pengalaman pengguna yang sesuai dengan harganya. 

Hal ini mungkin menjadi daya tarik utama dari produk teranyar dari itel, seperti pada seri S, seri P atau bahkan seri RS.   

Bagi sebagian orang yang tak terlalu membutuhkan HP untuk hal-hal khusus seperti gaming, produktivitas atau foto video, A50 sudah sangat ideal. 

Jadi, selain untuk diri sendiri, itel A50 ini mungkin bisa jadi pilihan yang ekonomis untuk komunikasi orang tua, untuk menemani belajar anak, atau sekedar hiburan ringan. 

Nah, jika Anda masih memerlukan bahan pertimbangan khusus sebelum membeli HP yang terjangkau ini, berikut plus minus dari itel A50 menurut caracek. 

Kelebihan itel A50 

Bagi sebagian besar pengguna, harga yang terjangkau mungkin bisa menjadi kelebihan utama yang mendasari pembelian gadget yang satu ini. 

Hal ini memang beralasan, mengingat produk ini sudah memiliki hampir semua centang dalam daftar kebutuhan pengguna pada sebuah HP. 

Namun jika harga tak terlalu mendasari motif Anda membeli, hal berikut ini mungkin bisa semakin memperkuat niat Anda untuk mencarinya di official store itel. 

Desain yang Kekinian 

Penilaian menurut desain memang cenderung berdasarkan pada selera pengguna, yang untungnya kali ini dimainkan dengan aman oleh itel. 

Baca Juga:  Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangan itel A80, HP Rp1,2 Jutaan 

Layar dengan poni water drop notch (tetesan air) yang berlapis fitur Dynamic Bar di layarnya memang akan memberikan kesan ke-iPhone-iPhone-nan. 

Lengkap pula dengan desain modul kamera boba yang menjadi sorotan di body belakang, dengan finishing matte bebas sidik jari sehingga semakin mirip produk Apple.  

Di bagian rangka yang menjadi tempat bersemayamnya sensor, memiliki sudut tepi yang lebih ramah genggaman, tidak tajam sehingga lebih nyaman. 

Anda yang pernah mengintip itel A70, pastinya sudah tak asing lagi dengan desain A50 ini secara keseluruhan yang memang mirip. 

Paket Penjualan yang Lengkap 

itel sepertinya memang mampu membaca keinginan dan kebutuhan pengguna dengan kepekaan yang baik. 

Terbukti dengan bekal yang lengkap menemani unit A50 dalam kotak kemasannya sehingga pengguna tidak harus segera membeli aksesoris.  

Saat Anda membuka kemasan itel A50, maka paket yang lengkap akan segera menyambut antara lain: 

  • Unit itel A50 dengan lapisan film pelindung layar yang sudah terpasang serta berbalut plastik khusus di sekujur produknya. 
  • Sebuah protective cover untuk mengamankan body selama penggunaan.  
  • Sebuah adapter charger beserta kabel data USB Type-C untuk pengisian daya 10 Watt. 
  • SIM Ejector, kartu garansi dan panduan pengguna. 

Bagi pengguna yang memiliki budget terbatas, paket yang lengkap ini bisa jadi dasar pertimbangan yang penting.   

Pemilihan Software yang Ideal 

Memang itel A50 ini memiliki komponen dapur pacu yang terbilang mengutamakan efisiensi daripada performa. 

Dengan prosesor 8 inti yang semuanya cenderung hemat energi, jenis penyimpanan yang digunakan juga jenis emmc 5.1 yang terbilang kurang gegas. 

Untuk mengkompensasi hal ini demi memberikan pengalaman software yang tetap optimal, itel memilih sistem operasi Android 14 (go edition). 

Android go bisa dikatakan sebagai versi minimalis dari Android reguler tanpa mengorbankan pengalaman pengguna secara signifikan.  

Untuk semakin mengoptimalkannya, Itel OS 13 saat ini sudah semakin baik dengan tak banyak menyertakan bloatware dan fitur gimmick.  

Pengguna bisa dengan mudah melakukan debloat untuk mengurangi penggunaan sumberdaya sistem berlebihan. 

Baca Juga:  Cara Melihat Aktivitas Teman di Shopee untuk Yakinkan Anda Sebelum Belanja 

Kekurangan itel A70 

Walau bagaimanapun, sayangnya A50 pun tak luput dari kekurangan yang mungkin tak selalu bisa calon pembelinya maklumi, antara lain: 

Terbatasnya Ketersediaan Pilihan  

Soal pilihan warna yang hanya 2, mungkin pengguan masih bisa memaklumi hal ini mengingat banyaknya varian case yang bisa menutupi rasa bosan. 

Kelebihan dan Kekurangan itel A50

Saat artikel ini dibuat, hanya tersedia opsi 4/64 saja di official store itel di Shopee dengan harga asli Rp1.279.000 lalu menjadi Rp1.118.000 (disc. 13%). 

Begitu pula dengan di platform e-commerce lain yang juga memberikan hasil yang kurang memuaskan di official itel dengan opsi produk yang juga terbatas. 

Pengguna mungkin bisa menemukan varian lain dari para reseller yang mungkin kurang nyaman bagi sebagian orang. 

Ya, dari para reseller, pengguna mungkin bisa berharap mendapat opsi 3/64 atau bahkan 4/128 dengan selisih harga yang mungkin masih bersahabat.

Keterbatasan Opsi Penyimpanan 

Meskipun tersedia opsi penampungan MicroSD dan Android Go, tetap saja 64GB akan cepat penuh dengan ukuran aplikasi masa kini. 

Meskipun Android go dan itel OS sudah cukup hemat dalam hal penyimpanan sistem, tetap saja kapasitas 64GB mungkin tak akan bertahan lama. 

Hal ini cenderung akan lekas memaksa pengguna untuk menghemat memori internal dengan selektif memilih aplikasi 

Selain itu, fitur seperti RAM virtual juga akan menyita sebagian alokasi memori internal sehingga membuat ruang untuk sistem dan aplikasi jadi semakin ciut. 

Artinya, hanya opsi 128GB saja yang mungkin lebih ideal bagi pengguna yang ingin menggunakan A50 merka untuk jangka panjang. 

Kecuali jika Anda bisa menggunakan sisa ruang dari 64 GB tersebut dengan sangat bijak, tak banyak instal aplikasi dan game, serta rajin memindah file. 

Akhir Kata 

Kelebihan dan kekurangan itel A50 di atas mungkin bisa membantu Anda dalam mendapatkan gambaran seperti apa produk tersebut sebagai HP ekonomis. 

Dengan apa yang itel tawarkan melalui A50 ini, tak mengherankan jika produk ini memikat banyak orang, termasuk Anda mungkin. 

Namun tetap saja, Anda tetap boleh untuk berharap lebih dari budget yang Anda keluarkan  berapapun nilainya bukan? 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *