Cara Agar Android Tidak Lemot Saat Main Game

Begini Cara Agar Android Tidak Lemot Saat Main Game

Diposting pada

Cara agar android tidak lemot saat main game berikut ini bisa pengguna terapkan untuk mendapatkan pengalaman mobile gaming yang optimal.  

Ya, jangan sampai keinginan Anda untuk bersenang-senang dengan memainkan game jadi menyebalkan karena HP yang jadi rewel.  

Lalu, apa saja kiat yang bisa Anda ikuti? Silakan simak penjelasannya berikut.  

Bagaimanakah Cara Agar Android Tidak Lemot Saat Main Game? 

Cara Agar Android Tidak Lemot Saat Main Game

 

Perangkat yang melambat atau lemot, entah itu untuk main game atau menjalankan aplikasi, pastinya bisa membuat pengguna merasa kesal.  

Saat bermain game favorit, gerakan karakter yang patah-patah, layar yang tak lekas merespon dan sebagainya bisa jadi hal yang menyebalkan. 

Nah, agar Anda bisa terhindar dari kejadian semacam ini, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum menerapkan trik mengoptimalkan HP-nya.  

Hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Menginstal Game 

Ya, agar pengalaman bermain game di HP android jadi lebih menyenangkan, Anda perlu memahami bahwa setiap game memiliki kriteria spesifikasi perangkat masing-masing. 

Artinya, game tidak bisa diinstal dan dimainkan oleh sembarang perangkat. Hal ini bisa Anda pahami dari ketersediaan game untuk perangkat saat Anda akan mengunduh game. 

Anda tidak akan bisa menginstal sebuah game di PlayStore apabila perangkat yang Anda gunakan memang tidak mendukung untuk game tersebut.  

Dengan kata lain, HP yang Anda pergunakan harus memenuhi persyaratan minimum dari game yang akan Anda instal. 

Ada kalanya pula, meskipun HP sudah memenuhi syarat minimum, ternyata masih kurang sesuai dengan rekomendasi yang diberikan. 

Ya, untuk menikmati game sepenuhnya, maka HP yang Anda pergunakan harus memenuhi atau melampaui spesifikasi yang direkomendasikan. 

Baca Juga:  Apa Itu Roaming Data? ini dia Penjelasan dan Cara Mengaktifkannya

Untuk mengetahui spesifikasi yang dianjurkan oleh developer game, maka Anda bisa mencari informasinya di website resmi developer.  

Tips Optimalkan Android untuk Bermain Game 

Nah jika Anda merasa HP Anda seharusnya cukup handal dalam menjalankan game namun terasa lambat, silakan simak kiat-kiat berikut:  

Pastikan Kesesuaian Spesifikasi Perangkat Anda   

Silakan periksa kembali spesifikasi HP Anda, meliputi chipset, ketersediaan RAM dan penyimpanan internal yang memadai untuk memainkan game. 

Jika Anda menggunakan HP dengan chipset kelas menengah, sebaiknya memaklumi apabila kemampuannya mengeksekusi game jadi kurang maksimal.   

Kapasitas RAM yang besar sekalipun bisa saja kurang maksimal jika banyak fitur, layanan dan aplikasi yang berjalan bersamaan. 

Perhatikan pula sisa penyimpanan kosong yang harus cukup untuk menampung data game, data pengguna dan data tambahan lainnya. 

Lakukan Optimasi Perangkat 

Setelah Anda memastikan spesifikasi yang mencukupi, berikutnya coba optimalkan kondisi HP Anda sebelum membuka game. Antara lain dengan: 

  • Tutup aplikasi yang tak Anda perlukan, paling mudah dari Recent Apps kemudian tutup semua. Kunci aplikasi yang menurut Anda penting, seperti WhatsApp dan sebagainya. 
  • Pertimbangkan pula untuk menguninstal aplikasi yang tidak terpakai untuk mengurangi beban RAM dan penyimpanan internal untuk hal yang tidak perlu.  
  • Bersihkan cache dari aplikasi yang sering Anda buka, seperti browser, e-commerce atau aplikasi media sosial.    
  • Bila perlu, nyalakan ulang HP Anda untuk menyegarkan sistem sekaligus membersihkan data sisa atau sampah yang mungkin tersimpan. 
  • Pastikan daya di HP juga mencukupi agar chipset tidak menurunkan performa. Bila daya kurang, sebaiknya isi daya terlebih dahulu sebelum mulai bermain. 
  • Cek juga ada tidaknya update untuk sistem operasi android Anda yang mungkin menyediakan peningkatan kinerja dan optimasi untuk gaming. 
  • Bila tersedia secara bawaan, manfaatkan pula mode game, game booster atau sejenisnya yang memang khusus untuk memaksimalkan kinerja. 

Sesuaikan Pengaturan Game  

Beberapa game populer juga menyediakan opsi untuk menyesuaikan beberapa pengaturan untuk pengguna pilih sesuai preferensi, antara lain: 

  • Penyesuaian kualitas grafis, misalnya dengan mengurangi resolusi, FPS, bayangan dan sebagainya dengan tujuan untuk menekan terjadinya lag. 
  • Dukungan untuk menonaktifkan fitur seperti notifikasi atau sinkronisasi data otomatis yang mungkin belum diperlukan. 
  • Update game juga sering menyediakan perbaikan bug dan optimasi sehingga tak ada salahnya jika Anda memeriksanya di PlayStore atau dari menu khusus dalam game. 
Baca Juga:  10 Rekomendasi Game One Piece Terbaik di Hp Android

Cek Koneksi Internet  

Untuk game online, wajib bagi pengguna untuk memastikan bahwa HP bisa terhubung dengan jaringan yang kuat dan stabil. 

Dalam hal ini, layanan cek kecepatan internet bisa jadi sarana yang membantu memastikan kualitas internet dan ping.  

Sementara pemain game offline, bisa mempertimbangkan untuk mengaktifkan mode pesawat.  

Dengan menonaktifkan opsi koneksi, maka berbagai aplikasi dan layanan di android akan terjeda sementara, menyisakan lebih banyak sumberdaya untuk game Anda.  

Optimasi Hardware Perangkat 

Selain dari segi software dan koneksi di atas, hardware HP juga perlu mendapat perhatian dari Anda, antara lain dengan: 

  • Perhatikan suhu perangkat, dinginkan terlebih dahulu apabila saat ini HP Anda terlalu panas.  
  • Kecuali HP Anda mendukung bypass charging, hindari bermain game di HP sambil charging yang akan memicu panas lebih cepat. 
  • Suhu perangkat yang terlalu tinggi akan memicu mekanisme throttling yang menurunkan kinerja chipset dari kerusakan permanen.    
  • Perhatikan pula suhu lingkungan, bermain di tempat yang panas tentunya juga dapat memicu throttling lebih cepat. 
  • Selain meletakkan HP di lantai yang dingin selama beberapa menit, pertimbangkan untuk menggunakan fan cooler yang terpasang di body belakang HP. 
    Cara Agar Android Tidak Lemot Saat Main Game

Akhir Kata 

Cara agar android tidak lemot saat main game di atas bisa coba Anda terapkan setelah memastikan kesesuaian spesifikasi perangkat dan kondisinya. 

Bisa saja Anda melakukan rooting lalu instal kernel dan customROM yang mampu mengoptimalkan hardware perangkat.  

Namun demikian, overclock juga dapat memicu risiko lain yang tidak dapat kami rekomendasikan bagi setiap orang.  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *