Aplikasi untuk Cover Lagu

5 Rekomendasi Aplikasi untuk Cover Lagu dan Cara Menggunakannya

Diposting pada

Aplikasi untuk cover lagu dalam daftar rekomendasi ini bisa pengguna coba untuk berkreasi dengan lagu yang sudah ada.  

Tak hanya membahas daftar aplikasi untuk dicoba, kita juga akan membahas langkah-langkah umum yang bisa Anda ikuti. 

Apakah prosedur yang Anda lakukan terlalu rumit? Silakan simak penjelasannya. 

Apa Saja Aplikasi untuk Cover Lagu yang Bisa Anda Pertimbangkan? 

Aplikasi untuk Cover Lagu

Ada banyak aplikasi di AppStore dan PllayStore yang bisa Anda coba untuk membantu menghasilkan lagu cover. 

Namun tak harus mencoba semuanya, Anda bisa menjadikan daftar aplikasi di bawah ini sebagai referensi awal. 

Aplikasi-aplikasi berikut juga terbilang populer sehingga Anda mungkin tak akan kesulitan untuk mencari informasinya lebih lanjut. 

Rekomendasi Aplikasi untuk Membuat Musik Cover   

BandLab – Music Making Studio 

Aplikasi yang satu ini juga terkenal sebagai media sosialnya para musisi Indie dengan fitur lengkapnya untuk produksi musik sendiri dari HP. 

Ya, pengguna bisa mengakses fitur seperti rekaman multi-track, mixing hingga akses ke berbagai instrumen virtual dan efek suara. 

Selain bisa merekam dan edit di HP, pengguna bisa melanjutkan proyek mereka dari laptop dengan mengakses BandLab versi web. 

Aplikasi ini bisa pengguna manfaatkan secara gratis dengan fitur yang terbilang sudah cukup untuk pembuatan musik cover dan rekaman yang handal. 

Meskipun tampilannya cenderung bersih, fitur dan aset yang begitu besar di aplikasi ini mungkin cukup menyita waktu bagi pemula untuk mempelajarinya. 

FL STUDIO MOBILE 

Aplikasi FL Studio mungkin sudah menjadi aplikasi Digital Audio WorkStation (DAW) yang paling populer di kalangan kreator musik di PC 

Aplikasi dari Image-Line dengan harga Rp39.000 ini sangat mumpuni untuk kebutuhan kreasi musik cover melalui berbagai fitur profesional yang ada di dalamnya. 

Fitur handal di aplikasi ini juga banyak diandalkan oleh para profesional karena memiliki kualitas suara yang terbilang sangat baik. 

Baca Juga:  3 Rekomendasi Aplikasi Penghitung Kalori Terbaik

Untuk meningkatkan fungsinya, aplikasi ini juga mendukung berbagai macam plugin pihak ketiga untuk semakin meningkatkan kualitas suara. 

Namun sepertinya, aplikasi maupun plugin ini lebih ideal bagi pengguna yang benar-benar serius karena harga yang harus dibayarkan bisa cukup mahal. 

GarageBand 

Bagi Anda pengguna produk Apple (iOS, iPadOS atau macOS) bisa mempertimbangkan aplikasi yang satu ini untuk membat lagu cover. 

Aplikasi yang dikembangkan oleh Apple ini menawarkan banyak loop dan sound siap pakai yang memudahkan proses pembuatan musik cover. 

Meski menawarkan akses ke koleksi yang besar dan memiliki fitur yang lengkap, aplikasi ini tetap ramah bagi pemula melalui tampilannya yang intuitif.    

Tentunya hal ini bisa jadi pilihan terbaik di pengguna iPhone ataupun iPad yang rata-rata memiliki kinerja yang bisa diandalkan. 

Namun demikian, aplikasi ini secara resmi khusus untuk perangkat Apple saja, tidak untuk pengguna android. 

n-Track Studio DAW: Buat Musik 

Aplikasi untuk Cover Lagu

 

Aplikasi premium lainnya yang bisa Anda coba gratisnya adalah n-Track yang juga cukup populer di kalangan pembuat musik. 

Pengguna bisa mengakses berbagai fitur yang sangat membantu dalam pembuatan lagu cover, mulai dari rekaman, mixing hingga mastering. 

Pada versi gratis, pengguna terbatas hanya bisa menggunakan 8 trek dengan 2 efek diterapkan pada per channel. 

Selain itu, untuk menyimpan hasil pembuatan lagu cover sebagai file MP3 atau WAV, Anda perlu melakukan pembelian dalam aplikasinya. 

Namun secara garis besar, aplikasi ini memiliki fitur lengkap yang ideal untuk pembuatan musik dengan opsi yang lebih luas. 

Walk Band – Musik Studio 

Revontulet Soft menawarkan aplikasi yang mungkin lebih interaktif, sehingga elbih ideal bagi pengguna yang ingin sekedar bermain dengan musik ataupun pemula. 

Bahkan, anak-anak pun akan mudah tertarik untuk mencoba menggunakan berbagai instrumen virtual yang ada di aplikasi ini. 

Dengan sedikit ketekunan, Anda mungkin tidak akan kesulitan untuk membuat musik cover versi Anda sendiri melalui aplikasi ini. 

Sayangnya, kesederhanaan aplikasi ini juga bisa menjadi faktor yang mengganggu bagi pengguna yang ingin membuat rekaman yang lebih profesional. 

harus diakui bahwa aplikasi yang satu ini memiliki fitur yang lebih sederhana jika kita bandingkan dengan beberapa aplikasi sebelumnya. 

Baca Juga:  Tips dan Rekomendasi Aplikasi Catatan Harian untuk PC 

Prosedur Umum untuk Membuat Lagu Cover  

Nah, kini Anda mungkin membutuhkan gambaran untuk memudahkan Anda memilih salah satu dari aplikasi rekomendasi di atas ataupun aplikasi sejenis lainnya. 

Untuk itu, mari kita bahas bagaimana prosedur umum yang bisa Anda jadikan referensi saat akan membuat lagu cover Anda sendiri. 

Berikut langkah yang mungkin Anda terapkan di aplikasi pilihan Anda: 

  1. Buat sebuah proyek baru dengan mengetuk tombol New Project atau Create New yang biasanya memiliki ikon Plus. 
  2. Setelah itu, silakan import lagu asli atau musik instrumental yang akan Anda isi vokalnya dengan mengetuk opsi import. Opsi lain, Anda juga bisa membuat musik Anda sendiri menggunakan instrumen virtual dan koleksi aset yang tersedia.  
  3. Setelah bagian musiknya siap, silakan rekam suara Anda dengan mengetuk tambahkan trek baru.   
  4. Sebelum mulai bernyanyi, pastikan mikrofon telah terhubung ke HP atau gunakan mikrofon bawaan HP (opsional). Silakan atur level volume input mikrofon agar tidak pecah namun tetap jelas. 
  5. Setelah siap, mulai rekam bagian vokal satu per satu hingga semua part lagu selesai. Anda bisa memotong bagian yang tidak perlu atau mengulangi rekaman jika hasilnya kurang. 
  6. Selesai merekam suara, silakan atur volume, pitch dan efek suara agar terdengar lebih jelas dan berisi. Misalnya denoising dan deessing, tambahkan efek-efek suara seperti reverb, delay atau equalizer seauai selera. 
  7. Berikutnya, atur keseimbangan antara suara vokal dan instrumental agar semua bagian terdengar secara proporsional. 
  8. Anda juga bisa melakukan proses mastering (jika tersedia) untuk membuat lagu terdengar lebih profesional, misalnya dengan mengatur loudness, stereo width dan sebagainya. 
  9. Apabila Anda rasa sudah puas, silakan simpan proyek lagu cover tersebut sebagai format audio MP3 atau WAV sesuai kebutuhan. 

Akhir Kata 

Aplikasi untuk cover lagu di atas bisa Anda coba untuk membantu proses pembuatan musik secara profesional, atau sekedar bersenang-senang. 

Tentunya, Anda memiliki preferensi sendiri dalam menikmati dan menciptakan musik yang bisa menjadi dasar dalam memilih aplikasi yang paling ideal. 

Dengan demikian, Anda bisa membuat lagu cover dengan cara yang mudah tanpa harus merasa terlalu terbebani untuk mempelajari fitur dalam suatu DAW.  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *