Aplikasi untuk Lari dan Jogging

5 Rekomendasi Aplikasi untuk Lari dan Jogging dan Tipsnya

Diposting pada

Aplikasi untuk lari dan jogging rekomendasi dan tips memilih aplikasinya berikut bisa pengguna pertimbangkan untuk mendapatkan pilihan yang paling ideal. 

Gaya hidup sehat termasuk dengan berolahraga memang semakin menjadi perhatian banyak orang belakangan ini. 

Alhasil, makin banyak brand dan developer berusaha untuk memberikan aplikasi yang dapat  memenuhi kebutuhan pengguna yang ingin lebih optimal berolahraga. 

Jika Anda mencari aplikasi yang bisa menjadi partner terbaik untuk olahraga seperti lari ataupun jogging, silakam simak penjelasannya berikut.  

Pilihan Aplikasi untuk Lari dan Jogging Terbaik dan Bagaimana Memilihnya? 

Aplikasi untuk Lari dan Jogging

Saat mencari aplikasi yang bisa Anda andalkan untuk menemani aktivitas olahraga lari dan jogging, mungkin ada banyak opsi yang ada di PlayStore dan AppStore. 

Dari sekian banyak pilihan, tak menutup kemungkinan Anda jadi bingung dalam menentukan salah satu pilihan mengingat begitu beragamnya fungsi dan fitur yang ditawarkan aplikasi. 

Selain rekomendasi aplikasi, kita juga akan membahas beberapa tips yang bisa Anda jadikan referensi seandainya Anda memiliki preferensi lain di aplikasi yang Anda temukan.  

Rekomendasi Aplikasi Running dan Jogging di HP 

Berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi yang ada di platform resmi sebagai referensi Anda yang sedang mencari aplikasi terbaik untuk menemani olahraga kardio sehari-hari: 

Strava: Run, Bike, Hike 

Aplikasi dari Strava Inc. ini mungkin menjadi salah satu opsi yang paling populer di kalangan penghobi running dan jogging. 

Beberapa fitur yang pengguna sukai dari aplikasi ini seperti pelacakan GPS yang mendukung banyak perangkat, fitur segment, dan analisis data yang komprehensif. 

Menariknya lagi, popularitas aplikasi ini juga membuatnya memiliki komunitas pengguna yang aktif yang juga tersaji menyerupai suatu media sosial. 

Strava juga terkenal akan dukungannya yang lengkap untuk berbagai macam perangkat yang mungkin sudah dimiliki oleh pengguna. 

Namun demikian, antarmuka aplikasinya mungkin terlalu kompleks bagi pengguna awam. 

Nike Run Club 

Dari namanya saja, Anda pasti sudah tak asing lagi dengan Nike, Inc. yang menjadi pengembang aplikasi ini yang memang menjadi salah satu brand perlengkapan olahraga terkemuka.  

Tak jauh berbeda dengan aplikasi sejensi, Nike Run Club juga menyediakan fitur pelacakan GPS dan aneka penunjang lain yang juga tak kalah memotivasi. 

Baca Juga:  Ini 5 Rekomendasi Aplikasi untuk Membaca Komik 

Ya, aplikasi ini juga memperdengarkan panduan dari atlet profesional, lengkap dengan fitur kompetisi yang menantang. 

Dengan tampilan yang lebih ramah, aplikasi ini juga menawarkan integrasi dengan Apple Watch bahkan bisa membagikan hasil tracking rute berupa foto. 

Meskipun beberapa fiturnya hanya tersedia bagi member Nike+, aplikasi ini tetap didukung oleh komunitas dengan fiturnya yang juga tak kalah lengkap. 

Sayangnya, aplikasi ini masih belum menyediakan dukungan untuk pemutaran Spotify seperti pada Strava yang mungkin perlu calon penggunanya pertimbangkan. 

adidas Running: Run Tracker 

Adidas Runtastic menawarkan aplikasi pelacak larinya dengan dukungan fitur seperti pelacakan GPS serta integrasi ke platform streaming musik.  

Aplikasi ini juga menyediakan variasi program latihan yang disesuaikan dengan profil penggunanya meskipun pengguna harus melakukan input target secara manual. 

Adidas Running ini juga bisa menkado menjadi pilihan bagi Anda yang mengutamakan tampilan yang lebih intuitif dari sebuah aplikasi. 

Meskipun komunitas penggunanya masih kalah jika dibandingkan dengan Strava,  ada lebih banyak fitur berguna yang bisa Anda manfaatkans secara gratis di sini. 

Smartwatch yang Anda gunakan saat ini sepertinya juga tak akan sulit untuk diintegrasikan dengan aplikasi ini karena memang dukungannya yang cukup luas.  

Lari dengan MapMyRun 

Aplikasi lari dengan fitur pelacakan GPS dan map rute yang mendetail ini memang menampilkan cukup banyak iklan yang bisa sedikit mengganggu pengalaman Anda. 

Tapi, aplikasi dari MapMyFitness, Inc. Under Armour ini memiliki integrasi dengan lebih banyak perangkat serta lebih banyak opsi aktivitas lainnya selain lari. 

Seperti beberapa aplikasi sejenis, ia juga mendukung fitur sosial yang bisa lebih menyemangati pengguna untuk terus berolahraga. 

Hal menarik lainnya dari aplikasi ini adalah dukungan tracking melalui sensor kompas serta fitur pelacakan langkah yang bisa diandalkan. 

Dengan dukungannya yang komprehensif, tak mengherankan jika sebagian pengguna merasa sedikit bingung saat mempelajari aplikasi ini. 

Pelari Peta – Aplikasi Lari 

Aplikasi untuk Lari dan Jogging

Leap Fitness Group memang terkenal sebagai salah satu pengembang aplikasi kesehatan yang konsisten dengan produk yang mereka tawarkan. 

Terlepas dari itu, aplikasi running yang mereka tawarkan memang mampu memberikan pengalaman tracking yang akurat. 

Selain itu, untuk mulai menggunakan aplikasinya juga terbilang sederhana tanpa perlu banyak konfigurasi dan memasukkan banyak informasi.   

Pelacakan yang menyenangkan di aplikasi ini juga lengkap dengan fitur penghitung langkah kaki bahkan pengingat minum air putih yang berguna. 

Namun demikian, versi gratis dari aplikasi ini akan menampilkan iklan pop-up yang bisa mengganggu pengalaman pengguna. 

Tips Memilih Aplikasi Running dan Jogging yang Ideal 

Ya, sebelum mencoba aplikasi satu demi satu, ada beberapa tips yang bisa Anda perhatikan untuk memilih aplikasi yang paling ideal. 

Baca Juga:  Cara Mengembalikan Akun IG yang Dibajak dan Tips Optimalkan Keamanan Akun 

Silakan simak beberapa kiat berikut ini:   

Tentukan Kebutuhan dan Tujuan   

Pertama, akan lebih baik jika Anda sudah menentukan terlebih dahulu apa saja yang Anda butuhkan dari aplikasi lari tersebut, atau tujuan Anda berolahraga.   

Sebagai contoh, umumnya kebutuhan atau tujuan ini bisa terbagi menjadi kategori seperti:  

  • Pelari pemula, yang biasanya mencari aplikasi yang cenderung user-friendly dengan program latihan yang lebih mudah atau ringan untuk diikuti. 
  • Pelari yang sudah berpengalaman umumnya akan mencari aplikasi yang memiliki fitur analisis data yang lengkap dan memiliki komunitas yang besar. 
  • Pelari khusus maraton yang mungkin lebih memilih aplikasi perencanaan latihan yang detail serta dukungan penyususnan interval latihan. 

Dukungan untuk Perangkat   

Selain kebutuhan di atas, dukungan perangkat juga bisa menjadi pertimbangan utama saat Anda mencari aplikasi yang dapat mengoptimalkan gadget yang sudah ada. 

Selain halnya mengandalkan dukungan instalasi aplikasinya di HP, pengguna bisa memilih aplikasi yang kompatibel dengan model smartwatch yang sudah ia pakai. 

Begitu juga bagi pengguna yang memerlukan dukungan ke perangkat dengan heart rate monitor untuk memantau detak jantung sepanjang durasi latihan. 

Kenali Fitur yang Ada di Aplikasi 

Setelah mengetahui kebutuhan spesifik, berikutnya Anda bisa mulai mengenali dan mempelajari apa saja fitur yang ditawarkan oleh aplikasi running. 

Beberapa fitur ini antara lain meliputi pelacakan GPS dengan akurasi dan dukungan yang bisa cukup beragam pada masing-masing aplikasi. 

Pelacakan ini bisa meliputi seberapa akurat data jarak, kecepatan hingga rute yang bisa Anda temukan. 

Ada pula dukungan statistik meliputi jarak tempuh, durasi lari, kecepatan rata-rata, penggunaan kalori dan detak jantung. 

Begitu pula dengan fitur lain seperti ketersediaan program latihan, peta rute, integrasi dengan perangkat seperti smartwatch atau layanan musik, podcast atau tantangan. 

Selain itu, aplikasi dengan komunitas yang besar dan aktif bisa menjadi sumber motivasi tambahan yang juga bisa cukup menyenangkan. 

Apakah Anda Menyediakan Anggaran? 

Beberapa aplikasi di atas memang dapat Anda pergunakan secara gratis meskipun hanya menyediakan fitur dasar untuk menunjang olahraga. 

Namun saat Anda memerlukan fitur tambahan yang lebih lengkap dan terpersonalisasi atau menginginkan pengalaman aplikasi bebas iklan, pertimbangkan untuk berlangganan. 

Akhir Kata 

Itulah tadi beberapa rekomendasi dan tips untuk memilih aplikasi untuk lari dan jogging yang ideal dengan kebutuhan Anda. 

Anda bisa saja mencoba beberapa aplikasi terlebih dahulu untuk memastikan kinerja dan dukungan yang tersedia. 

Selain itu, perhatikan ulasan dari pengguna yang mungkin bisa menjadi referensi lain bagi Anda yang masih ragu untuk mencoba. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *