Cara Mengatur Spasi di Word

Inilah Pilihan Cara Mengatur Spasi di Word 

Diposting pada

Cara mengatur spasi di Word bisa pengguna lakukan untuk mendapatkan jarak antar kata, antar baris maupun antar paragraf yang sesuai. 

Artinya, pengguna perlu memahami cara yang sesuai untuk meningkatkan keterbacaan dari dokumen yang sedang mereka kerjakan. 

Lantas, seperti apa langkah-langkah untuk menyesuaikan spasi untuk tampilan dokumen yang rapi ini? Simak penjelasannya.  

Bagaimana Cara Mengatur Spasi di Word? 

Cara Mengatur Spasi di Word

Pengaturan spasi dalam dokumen umumnya bertujuan untuk menghasilkan tampilan dokumen yang konsisten dab lebih profesional. 

Selain itu, spasi yang sesuai juga akan membuat dokumen jadi lebih mudah dibaca dan dipahami.  

Hal ini karena jarak atau spasi yang sesuai dapat memandu mata pembaca ke arah bacaan dengan lebih optimal. 

Spasi yang rapi juga akan memudahkan pengguna dalam menghasilkan format dokumen yang konsisten sesuai dengan standar yang telah ditentukan. 

Pada dokumen resmi seperti laporan, makalah, proposal atau lainnya, kesan rapi dan profesional dari spasi yang rapi tentunya juga akan sangat mendukung. 

Berikut ini cara yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan untuk menyesuaikan spasi di Microsoft Word: 

Lakukan Clear Formatting   

Ada kemungkinan bahwa dokumen yang Anda kerjakan merupakan hasil dari copy paste dari dokumen dengan format atau file yang berbeda. 

Saat Anda melakukan paste biasa, maka ada kemungkinan terjadinya perbedaan format yang kemudian menghasilkan spasi yang berbeda satu sama lain. 

Oleh karena itu, silakan lakukan pemersihan format terlebih dahulu baik untuk keseluruhan isi dokumen atau pada bagian khusus yang Anda paste. 

Aktifkan Fitur Show/Hide  

Selanjutnya, ada kemungkinan lain bahwa dokumen Anda memiliki masalah spasi yang tidak terlihat pada tampilan editor. 

Baca Juga:  3 Pilihan Cara Memberi Halaman pada Word 

Silakan aktifkan fitur Show/ Hide ini untuk menampilan semua tanda paragraf, spasi maupun karakter lainnya yang tidak cetak.  

Setelah Anda melihat karakter tersembunyi tersebut, Anda bisa menghapus atau menyesuaikan tanda tersebut agar mendapatkan spasi yang sesuai. 

Find and Replace untuk Hapus Spasi Ganda 

Setelah membersihkan tanda yang tak terlihat, berikutnya Anda mungkin juga perlu membersihkan spasi ganda yang mungkin tertinggal di dokumen. 

Ya, ada kalanya pengguna melakukan kesalahan tanpa sengaja misalnya saat paste tulisan dari dokumen lain. 

Silakan lakukan Find untuk spasi ganda lalu Replace dengan spasi tunggal.  

Mengatur Spasi Antar Karakter  

Kemungkinan lain yang juga bisa saja terjadi yaitu adanya jarak antar huruf yang ada di dalam dokumen. 

Kondisi ini bisa saja terjadi saat pengguna menempel teks dari dokumen lain yang memiliki format khusus untuk jarak antar karakternya. 

Lakukan langkah berikut untuk menyeragamkan spasi antar huruf:  

  1. Silakan pilih tulisan atau paragraf yang ingin Anda samakan spasi hurufnya. Bisa juga Anda memilih semua teks dalam dokumen dengan menekan Ctrl+A di keyboard. 
  2. Setelah itu, perhatikan tab Home lalu cari ikon Font (huruf A). 
  3. Berikutnya, buka kotak dialog Font dengan cara klik panah kecil (di kanan bawah ikon Font). 
  4. Silakan klik tab Advanced lalu atur spasi dengan memilih opsi yang sesuai pada bagian Spacing (Normal, Expanded atau Condesed).
    Cara Mengatur Spasi di Word
  5. Anda juga bisa memasukkan nilai angka di kolom By untuk menentukan spasi sesuai kebutuhan dokumen Anda. 
  6. Jika Anda rasa sudah sesuai, silakan klik OK untuk menerapkan pengaturan spasi tersebut. 

Mengatur Spasi Antar Baris 

Anda bisa menerapkan pengaturan Line Spacing jika mendapati jarak antar baris tulisan tidak seragam.   

Berikut langkah untuk melakukannya:  

  1. Silakan pilih tulisan yang ingin Anda atur jaraknya. 
  2. Setelah itu, perhatikan tab Home dan temukan ikon Paragraph. 
  3. Berikutnya, buka kotak dialog Paragraph dengan klik panah kecil (di kanan bawah ikon Paragraph). 
  4. Silakan pilih opsi yang sesuai (Single, 1.5 lines, double atau isi at least dan multiple) di opsi Line Spacing sesuai dengan kebutuhan Anda. 
  5. Anda juga bisa memasukkan angka untuk menambah spasi baik sebelum atau setelah paragraf pada opsi Before dan After. 
  6. Untuk menerapkan pengaturan spasi, silakan klik OK.  
Baca Juga:  Begini Cara Menyisipkan Tabel dan Grafik Excel ke Microsoft Word 

Jika Anda ingin memberikan spasi ekstra di awal ataupun akhir paragraf, Anda bisa memanfaatkan menu Before and After yang ada di pengaturan paragraf ini. 

Mengatur Spasi Antar Paragraf 

Untuk menyesuaikan spasi antara pargaraf satu dan yang lainnya, Anda bisa mengatur opsi indentasi paragraf dengan langkah sebagai berikut: 

  1. Silakan pilih paragraf yang ingin Anda atur jaraknya. 
  2. Setelah itu, perhatikan tab Home dan temukan ikon Paragraph. 
  3. Berikutnya, buka kotak dialog Paragraph dengan klik panah kecil (di kanan bawah ikon Paragraph). 
  4. Silakan masukkan angka pada opsi Left dan Right untuk mengatur jarak tulisan dari margin kiri dan kanan kertas. 
  5. Setelah itu, Anda juga bisa menerapkan pengaturan Before and After sesuai dengan preferensi dokumen. 
  6. Jika sudah, klik OK untuk menyimpan dan menerapkan pengaturan tersebut. 

Nah, setelah Anda rasa spasi yang ada di dokumen sudah rapi, silakan terapkan gaya yang sesuai dengan kebutuhan dokumen 

Anda bisa menerapkan pengaturan gaya dokumen (Styles) yang sesuai kebutuhan, misalnya pada bagian judul, subjudul, teks biasa dan lainnya.   

Akhir Kata 

Demikian beberapa pilihan cara mengatur spasi di Word baik jarak antar huruf, jarak antar baris dan jarak antar paragraf sesuai kebutuhan. 

Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan tampilan dokumen yang lebih rapi dan konsisten.  

Hal ini akan memudahkan Anda maupun orang lain dalam membca dan memahami isi dokumen.  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *