Cara Menyisipkan Tabel dan Grafik Excel ke Microsoft Word

Begini Cara Menyisipkan Tabel dan Grafik Excel ke Microsoft Word 

Diposting pada

Cara menyisipkan tabel dan grafik Excel ke Microsoft Word bisa pengguna lakukan menggunakan fitur Insert Object untuk mempertahankan fungsi rumus. 

Seperti halnya dokumen lainnya, Anda memang bisa saja melakukan teknik copy-paste konten dari Excel ke Word. 

Nah kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara menyalin data namun tetap mempertahankan fungsionalitas dari rumus Excel.  

Bagaimana Cara Menyisipkan Tabel dan Grafik Excel ke Microsoft Word? 

Cara Menyisipkan Tabel dan Grafik Excel ke Microsoft Word

Anda bisa saja melakukan teknik konvensional copy-paste seperti biasa, namun tentunya rumus pada Excel jadi tidak berfungsi di Word. 

Artinya, perhitungan otomatis jadi tidak berfungsi setelah suatu tabel atau grafik tersalin ke dokumen menggunakan cara tersebut. 

 

Untuk tetap memastikan rumus di lembar kerja Excel tetap berfungsi di dokumen Word pada saat ingin menambah entry baru, gunakan fungsi Insert Object. 

Dalam hal ini, Anda bisa menyisipkan objek berupa data tabel ataupun grafik dari spreadsheet Excel ke dokumen Microsoft Word. 

Dengan kata lain, salinan data akan diperbarui di Word pada saat Anda menambahkan entry baru yang terkait, seperti pada workbook Excel. 

Cara Menambahkan Tabel Excel di Word 

Berikut ini langkah saat Anda ingin memasukkan tabel dengan format Excel ke dokumen Word: 

  1. Silakan buka dokumen Word Anda seperti biasa. 
  2. Selanjutnya, buka pada tab Insert kemudian klik opsi Object.Cara Menyisipkan Tabel dan Grafik Excel ke Microsoft Word
     
  3. Pada kotak dialog Insert object, buka tab Create New. 
  4. Kemudian pada pilihan Object type, silakan pilih opsi Microsoft Excel Worksheet lalu klik OK. 
  5. Setelah tampilan Word berubah jadi mirip di Excel, kini Anda bisa menggunakan fitur Excel di Word. 
  6. Kini, silakan input data yang ingin Anda masukkan pada tabel spreadsheet tersebut. Anda bisa menyesuaikan lebar bingkai tabel (garis arsiran di sekeliling tabel) dengan menyeret. 
  7. Anda bisa menyalin data dari Excel ke dalam tabel ini dengan formula atau rumus yang sesuai kebutuhan. 
Baca Juga:  Begini 4 Pilihan Cara Menemukan Data Duplikat di Excel 

Menggunakan cara ini tentu saja perubahan data yang secara otomatis menyesuaikan input data yang baru, seperti di Excel. 

Anda pun tidak perlu menghitung lalu mengedit tabel secara manual. 

Cara Menambahkan Grafik Excel ke Word 

Selain sajian data berupa tabel seperti di Excel tadi, Anda juga bisa membuat grafik yang juga bisa berubah otomatis nilainya saat ada input baru. 

Berikut langkah yang bisa jadi referensi bagi Anda: 

  1. Dari tabel yang Anda buat menggunakan format Excel tadi, silakan masuk ke mode edit data dengan klik ganda pada tabel.  
  2. Berikutnya, silakan pilih (select) data dalam tabel yang ingin Anda jadikan sebagai basis data untuk grafik. 
  3. Silakan salin pilihan data tersebut dengan cara klik kanan lalu Copy, atau Ctrl + C. 
  4. Setelah itu, keluar dari mode edit worksheet dengan klik di luar area bingkai. 
  5. Setelah berada di mode edit Word, silakan buka tab Insert lalu pilih opsi Chart. 
  6. Pada kotak dialog Insert Chart, silakan pilih jenis grafik yang Anda inginkan kemudian klik OK. 
  7. Anda akan melihat jendela Chart yang berisi tabel untuk input data untuk grafik yang akan Anda buat. Anda mungkin perlu menghapus entry yang ada dalam tabel tersebut jika ada.  
  8. Selanjutnya, silakan paste data yang Anda copy dari worksheet tadi ke tabel Chart tersebut sesuai format yang Anda perlukan. 
  9. Berikutnya, Anda mungkin perlu menyesuaikan border grafik yang muncul untuk menampilkan semua data yang Anda inginkan. 
  10. Selesai input data di Chart, silakan tutup jendela dan lihat hasilnya di dokumen Word Anda. 
Baca Juga:  Cara Menggunakan Face Play untuk Edit Foto Canggih dan Praktis 

Akhir Kata 

Cara menyisipkan tabel dan grafik Excel ke Microsoft Word memang dapat Anda lakukan menggunakan teknik copy paste. 

Namun untuk mempertahankan rumus atau formula, Anda bisa memanfaatkan fitur Inser Object yang ada di Word. 

Anda pun bisa memilih metode mana yang paling sesuai dengan kebutuhan. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *