Perbedaan Xiaomi Redmi dan Mi

Ini 4 Perbedaan Xiaomi Redmi dan Mi beserta Contohnya 

Diposting pada

Perbedaan Xiaomi Redmi dan Mi mungkin belum banyak pengguna ketahui sehingga tak jarang mengalami kebingungan saat hendak memilih. 

Sama-sama dari brand Xiaomi, nyatanya ada perbedaan yang cukup signifikan diantara kedua model ini.   

Nah, jika Anda masih bingung diantara kedua HP yang sama-sama populer di dunia ini, mari simak sekilas ulasannya berikut. 

Apa Saja Perbedaan Xiaomi Redmi dan Mi? 

Perbedaan Xiaomi Redmi dan Mi

Baik Redmi dan Mi, adalah produk smartphone android yang diperkenalkan oleh Xiaomi. 

Bahkan saat ini, Redmi disebut-sebut sudah menjadi sub-brand atau anakan dari Xiaomi yang juga memperkenalkan Poco. 

Lalu bagaimana dengan Mi? Nah, Mi Series menjadi salah satu produk dari Xiaomi yang memiliki segmentasi berbeda.   

Perbedaan Utama antara Redmi Series dan Mi Series

Untuk lebih memudahkan Anda dalam memahami antara Redmi dan Mi, silakan simak beberapa kategori yang membedakan kedua seri ini:  

Perbedaan Target Market  

Redmi dan Mi sepertinya tidak akan pernah bersaing pada pasar yang sama karena masing-masing memiliki calon pembeli yang berbeda. 

Xiaomi memposisikan Redmi sebagai produk yang paling pas untuk pengguna yang menginginkan smartphone terbaik dengan harga yang lebih terjangkau. 

Lihat saja lini produk Redmi mulai dari seri Redmi Note (kelas menengah) yang terkenal memiliki performa yang berimbang dengan harga yang terjangkau. 

Ada pula seri A (entry level) yang memiliki rentang harga sangat terjangkau mulai Rp 1 jutaan namun masih mampu menawarkan kinerja dasar atau harian.  

Sementara Mi, mengincar calon pembeli yang punya anggaran lebih dan menginginkan smartphone kelas atas baik dari segi desain, spesifikasi dan fitur canggih. 

Baca Juga:  5 Aplikasi Karaoke Android Recommended Wajib Coba

Perbedaan pada Spesifikasi  

Dari penjelasan di atas, jelas Redmi memiliki spesifikasi umum yang beragam di rentang kelas menengah hingga yang paling murah. 

Secara umum, lini redmi menggunakan prosesor mid-range, kamera yang cukup untuk harian, desain yang mungkin lebih sederhana dan memiliki baterai berkapasitas besar. 

Di lain sisi, seri Mi selalu menggunakan prosesor kelas atas terbaru, kamera berkualitas tinggi, desain premium lengkap dengan berbagai fitur canggih.  

Perbedaan Rentang Harga  

Begitu pula dengan harganya, Redmi tentunya memiliki banderol harga yang ditawarkan lebih terjangkau bagi lebih banyak orang. 

Sementara Mi, mungkin hanya bisa ditebus oleh mereka yang memiliki anggaran yang lebih untuk kebutuhan membeli gadget. 

Perbedaan dalam Hal Segmentasi Pasar 

Dengan karakteristik yang dimilikinya, tentu saja Redmi memiliki segmentasi pasar yang luas dibandingkan Mi. 

Orang yang memilih Redmi pun sangat beragam, mulai dari pengguna pemula atau pengguna tingkat mahir yang membutuhkan smartphone untuk keseharian (daily driver). 

Sementara Mi dengan harga yang kini mencapai belasan juta rupiah, kemungkinan harus bersaing dengan produk kelas atas lainnya di segmen pasar premium. 

Mereka yang melirik Mi biasanya adalah pengguna yang ingin memiliki smartphone dengan performa terbaik dan fitur terkini, seperti para profesional misalnya. 

Contoh Perbandingan antara Redmi dan Mi 

Tak ada salahnya kita menggunakan contoh produk terbaru Redmi dan Mi di pasar Indonesia saat ini untuk memudahkan Anda memahami perbedaan antara keduanya. 

Mari coba kita bandingkan antara Redmi 14C (8 GB + 256 GB – Rp1.799.000) dan Mi 14 (12 GB + 256 GB – Rp11.999.000) berikut ini: 

Perbedaan Xiaomi Redmi dan Mi

Material Body 

Redmi menggunakan kaca dan silicone polymer serta frame plastik. 

Baca Juga:  Cara Daftar Traveloka Eats Driver Secara Online

Mi berbahan kaca Gorilla Glass Victus dengan frame aluminum. 

Layar 

Redmi menggunakan panel LCD IPS dengan tingkat kecerahan sekitar 450 nits, diagonal 6.88 inci dengan resolusi 720 x 1640 piksel. 

Mi menggunakan panel LTPO OLED yang mendukung Dolby Vision, HDR10+ dan tingkat kecerahan hingga 1000 nits, diagonal layar 6.36 inci dan resolusi 1200 x 2670 piksel. 

Chipset 

Redmi 14C menggunakan Mediatek Helio G81 Ultra, sementara Mi 14 menggunakan Qualcomm SM8650-AB Snapdragon 8 Gen 3.  

Kedua chipset ini memiliki kinerja yang sangat berbeda, Snapdragon 8 Gen 3 menawarkan kinerja dan efisiensi yang lebih baik.   

Penyimpanan 

Redmi 14C hadir dengan opsi  konfigurasi 6 GB + 128 GB dan 8 GB + 256 GB dengan jenis penyimpanan eMMC 5.1 yang terbilang lawas. 

Sementara Mi 14 tersedia dalam 1 pilihan saja, yaitu 12 GB + 256 GB namun menggunakan UFS 4.0.

Jeni penyimpanan yang ada pada Mi terbilang sebagai jenis penyimpanan generasi baru yang lebih cepat sehingga sangat menunjang kinerjanya.  

Kamera 

Redmi 14C memiliki kamera depan 13 MP, triple kamera belakang 50 MP + 2 MP (depth) + 0.08 MP (tambahan). 

Mi 14 menggunakan kamera depan 32 MP, triple kamera belakang (wide + tele + ultrawide) masing-masing 50 MP.

Tak hanya sensornya saja yang berkualitas tinggi, kamera pada Mi juga dilengkapi dengan fungsi dan fitur yang lebih canggih. 

Akhir Kata 

Dari daftar perbedaan Xiaomi Redmi dan Mi beserta contoh yang sudah kami jabarkan di atas, tentunya kini Anda sudah memiliki gambaran bukan? 

Bagaimanapun, baik Redmi ataukah Mi, keputusan tetap di tangan Anda yang baiknya tetap sesuai dengan kebutuhan dan anggaran. 

Redmi bisa jadi pilihan jika Anda mencari HP ekonomis dengan fitur yang mumpuni untuk kebutuhan sehari-hari. 

Sementara Mi, ideal jika Anda ingin memiliki HP terbaik dan paling canggih dari Xiaomi. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *