Cara Print Excel agar Tidak Terpotong

Seperti Inilah Cara Print Excel agar Tidak Terpotong

Diposting pada

Cara print Excel agar tidak terpotong bisa pengguna lakukan dengan menyesuaikan beberapa pengaturan sebelum cetak. 

Meskipun menjadi salah satu jenis dokumen yang paling populer, nyatanya masih ada saja pengguna yang mengalami kesulitan saat hendak mencetak file XLSX ini. 

Nah, jika Anda juga mendapati cetakan dokumen Anda tak sesuai harapan, silakan simak uraian singkatnya berikut.   

Bagaimana Cara Print Excel agar Tidak Terpotong dan Hasilnya Rapi? 

Sebenarnya, beberapa trik yang akan kita bahas kali ini tak hanya berlaku untuk dokumen Excel saja. 

Anda sebaiknya selalu memperhatikan beberapa pengaturan sebelum mencetak untuk jenis dokumen apapun. 

Hanya saja, lembar kerja Excel yang umumnya lebih kompleks, seringkali menyulitkan pengguna karena ada beberapa detail yang hilang. 

Hilangnya detail ini bisa karena adanya bagian yang tidak ikut tercetak atau bahkan terpotong sehingga data di dalamnya jadi tak terbaca. 

Cara Print Excel agar Tidak Terpotong

Nah, untuk mengantisipasi kendala semacam ini terjadi pada Anda, berikut ini sejumlah langkah yang bisa Anda lakukan: 

Menentukan Ukuran Kertas 

Sebelum mencetak, tentunya Anda sudah menyiapkan perangkat printer dengan kertas dalam jumlah yang cukup terlebih dahulu. 

Nah, ukuran kertas yang Anda siapkan di tray printer ini perlu Anda pastikan terlebih dahulu, apakah itu ukuran A4, F4, folio atau letter. 

Anda bisa melihat kemasan kertas atau mengukur kertas tersebut secara manual untuk memastikannya. Setelah itu:  

  1. Buka file Excel yang akan Anda cetak, entah itu dengan double-click atau dari menu Open di aplikasi Excel. 
  2. Setelah Anda melihat lembar kerja, silakan buka tab Page Layout. 
  3. Berikutnya, masuk ke group Page Setup. Grup ini berisi berbagai pengaturan tampilan Worksheet hingga pengaturan ukuran cetak. 
  4. Pada grup tersebut, klik Size (ikon kertas dengan garis ukur). 
  5. Setelah itu, silakan tentukan pilihan ukuran kertas yang sesuai dengan kertas yang Anda siapkan di printer. Anda juga bisa menyesuaikan manual dengan klik opsi More Paper Sizes (di bawah).  
Baca Juga:  Link Download Small Business Apk Versi Terbaru 2023

Mengatur Margin Halaman   

Setelah memilih ukuran kertas, Anda mungkin melihat tampilan pratinjau dokumen yang berubah karena margin (batas tepi kertas) yang belum disesuaikan. 

Untuk mengubah margin, ikuti langkah berikut:  

  1. Kembali ke Page Layout kemudian masuk ke grup Page Setup lagi. 
  2. Setelah itu, klik pada opsi Margins.  
  3. Pada menu dropdown, silakan pilih opsi margin yang tersedia seperti narrow (sempit) atau lainnya sesuai kebutuhan. Anda masih bisa mengatur margin secara manual dengan klik Custom Margin lalu ketik nilai yang sesuai. 
  4. Anda juga bisa mengatur posisi tabel Excel pada halaman dari opsi Custom Margin tadi. Misalnya Center of Page yang membuat tabel berada di posisi tengah kertas.  

Mengatur Orientasi Halaman   

Meskipun sepele, nyatanya cara menyesuaikan orientasi halaman juga masih jarang pengguna ketahui. 

Padahal posisi kertas yang berdiri (portrait) atau melintang (landscape) ini juga banyak mempengaruhi kesesuaian cetak. 

Misalnya, jika Anda memiliki lembar kerja yang memanjang ke samping, sementara posisi kertas bawaan Excel adalah beridiri, maka perlu penyesuaian. 

Seperti ini langkah yang bisa Anda ikuti:  

  1. Pada tab Page Layout, lihat grup Page Setup kembali. 
  2. Berikutnya, klik opsi Orientation.   
  3. Setelah itu, pilih salah satu antara Potrait atau Landscape sesuai dengan format penulisan tabel yang ada di sheet Anda. 

Mengatur Print Area 

Inilah bagian penting dalam penyesuaian halaman agar tidak ada bagian yang hilang atau terpotong, dengan menyesuaikan area cetak. 

Print Area adalah fungsi yang akan membatasi bagian mana yang akan dicetak, secara bawaan Excel akan mencetak semua halaman dengan sel yang terisi data.   

Baca Juga:  Inilah 3 Pilihan Cara Memisahkan File PDF 

Untuk mengatur area cetak, ikuti cara berikut: 

  1. Pada lembar kerja, silakan blok semua sel yang ingin Anda cetak. 
  2. Setelah itu, klik pada tab Page Layout lalu lihat grup Page Setup. 
    Cara Print Excel agar Tidak Terpotong
  3. Berikutnya, pilih opsi Print Area kemudian pilih opsi Set Print Area.  
  4. Kini hanya area Anda blok tadi yang akan tercetak.  
  5. Untuk menyesuaikan pilihan area cetak, pilih opsi Clear Print Area lalu ulangi lagi langkah-langkah di atas.  

Mengatur Page Break 

Secara bawaan, Excel akan menambahkan lembar baru saat tabel Anda tak cukup untuk dimuat dalam 1 lembar. 

Jika Anda memiliki tabel yang kompleks dan cukup besar,  silakan sesuaikan pengaturan berikut:  

  1. Pada tampilan lembar kerja, silakan klik tab View. 
  2. Pada grup Workbook Views, silakan klik Page Break Preview yang kemudian akan menampilkan garis batas. 
  3. Silakan sesuaikan batas page break ini dengan cara klik tahan dan geser pada garis sesuai kebutuhan Anda.   

Perhatikan Detail di Print Preview   

Apabila berbagai pengaturan sudah Anda sesuaikan, silakan lihat pratinjau cetak lembar kerja Anda.  

Pada tampilan preview halaman cetak, silakan lihat adakah bagian dari tabel Anda yang tidak ikut tercetak atau masuk ke lembar kertas lainnya. 

Jika ada, silakan pengaturan kembali untuk mengubah bagian yang masih belum sesuai. 

Akhir Kata 

Demikian panduan cara print Excel agar tidak terpotong yang bisa Anda ikuti secara urut sehingga Anda bisa mendapatkan cetakan yang sesuai harapan. 

Meskipun langkah-langkah di atas terkesan rumit, Anda bisa melakukannya dengan mudah dan cepat setelah cukup terbiasa. 

Terlebih dengan tampilan Microsoft Excel yang sangat intuitif, Anda pastinya tidak akan banyak mengalami kesulitan saat mempelajari dan menggunakannya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *