Cara transfer OVO ke ShopeePay adalah langkah pengguna untuk memindahkan dana atau saldo yang ada di dompet digital OVO ke akun Shopee mereka. Harus kita akui bahwa baik Shopee maupun OVO memang menjadi penyedia layanan paling populer di Tanah Air. Meski demikian, tak menutup kemungkinan pengguna pemula masih belum mengetahui bagaimana cara untuk memindahkan dana dari OVO ke Shopee.
Cara Transfer OVO ke ShopeePay: dari Aplikasi Shopee dan OVO
Penggunaan layanan e-commerce dan dompet digital memang semakin lazim oleh masyarakat belakangan ini. Kedua macam layanan ini menjadi semakin penting demi memudahkan masyarakat dalam memenuhi berbagai kebutuhannya sehari-hari. Nah, apabila Anda termasuk pengguna layanan Shopee dan OVO yang ingin mengelola dana, bisa menyimak penjelasannya di bawah ini.
Transfer OVO ke Shopee Melalui Aplikasi Shopee
Untuk melakukan transfer OVO ke Shopeepay dari aplikasi Shopee, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:
- Silakan buka aplikasi Shopee kemudian pilih menu Shopeepay pada halaman utama aplikasi
- Berikutnya, Anda bisa memilih opsi Top Up kemudian ketuk metode pembayaran OVO
- Anda bisa memasukkan nominal uang yang ingin Anda transfer
- Setelah jumlahnya sesuai, silakan ketuk Lanjutkan
- tahap berikutnya, Anda kemudian diarahkan ke halaman OVO dimana Anda bisa memasukkan nomor ponsel berikut PIN OVO akun Anda
- Setelah data tersebut (nomor ponsel dan PIN OVO), Anda kemudian dapat melihat detail transaksi beserta konfirmasi transfer
- Pilih opsi Konfirmasi kemudian tunggu hingga proses transfer tersebut berhasil
- Setelah itu, Anda akan mendapatkan notifikasi dari Shopee maupun OVO bahwa transaksi transfer berhasil
- Silakan cek jumlah saldo Shopeepay Anda dan pastikan jumlahnya bertambah sesuai dengan jumlah transfer yang Anda lakukan
Transfer OVO ke Shopee Melalui Aplikasi OVO
Untuk melakukan transfer OVO ke Shopeepay dari aplikasi OVO, berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan:
- Buka aplikasi OVO dan pastikan Anda sudah login ke akun Anda
- Berikutnya, Anda bisa memilih menu Transfer pada halaman utama aplikasi
- Silakan pilih opsi Transfer ke Shopeepay
- Pada halaman berikutnya, Anda bisa memasukkan nomor ponsel atau username Shopee tujuan transfer
- Pastikan Anda memasukkan nominal uang transfer dengan benar dan jumlah saldo OVO Anda masih cukup untuk melakukan transfer tersebut
- Silakan cek lagi detail transfer Anda sebelum menekan tombol Konfirmasi
- Setelah Anda menekan Konfirmasi, silakan masukkan PIN OVO Anda guna verifikasi transaksi transfer tersebut
- Setelah transfer berhasil, Anda akan mendapatkan notifikasi
- Silakan periksa apakah nominal saldo ShopeePay bertambah sesuai jumlah transfer atau tidak
Tips Mengatasi Tidak Bisa Transfer dari OVO ke Shopeepay
Ada kalanya pengguna gagal transfer OVO ke ShopeePay. Hal ini bisa terjadi karena beberapa faktor penyebab, anara lain:
1. Saldo Tidak Cukup
Terkadang ada pengguna yang melupakan bahwa adanya biaya administrasi sebesar Rp2.500 per transaksi di layanan dompet digital OVO. Oleh karena itu, sebelum memilih opsi ini atau melakukan transfer ke ShopeePay, sebaiknya pengguna memastikan bahwa sisa saldo OVO mereka sudah termasuk nominal transfer berikut biaya admin.
2. Transaksi OVO Mencapai Limit
Perlu setiap pengguna OVO ketahui, bahwa layanan dompet digital ini mengenakan limit transfer harian sebesar Rp10 juta, dan bulanan Rp25 juta. Apabila batasan kumulatif transfer ini tercapai, maka pengguna perlu menunggu hingga hari atau bulan berikutnya agar dapat melakukan transfer kembali, termasuk ke akun Shopee.
3. Masalah pada Nomor Ponsel ShopeePay
Salah satu kendala umum lainnya terletak pada nomor ponsel untuk akun ShopeePay. Tak jarang pengguna salah memasukkan nomor, atau bahkan nomor tidak terhubung ke akun Shopee. Oleh karena itu, pengguna perlu memastikan bahwa mereka sudah memasukkan data yang valid sebelum melakukan transaksi.
4. Versi Aplikasi
Hadirnya fitur atau fungsi baru, tak jarang membuat kinerja aplikasi versi lawas harus tertahan demi memberikan pengalaman pengguna yag baik. Maka dari itu, pengguna juga perlu selalu memastikan bahwa versi aplikasi OVO maupun Shopee sudah dalam versi terbaru di platform resmi, PlayStore atau AppStore.
5. Masalah Jaringan
Meskipun terbilang jarang, kondisi jaringan internet yang kurang optimal atau server layanan yang bermasalah juga bisa jadi pemicu lain masalah gagal transfer. Apabila Anda mengalami masalah ini, silakan cek layanan seperti speedtest atau lainnya untuk memastikan kuallitas internet Anda, beralih jaringan seluler dan WiFi atau cek akun resmi media sosial layanan ISP, OVO atau Shopee untuk memastikan tidak ada trouble.
6. Hubungi Layanan Pelanggan OVO
Apabila berbagai upaya di atas sudah pengguna terapkan dan masih belum mendapatkan hasil sesuai harapan, sebaiknya segera hubungi layanan pelanggan OVO. Anda bisa menelepon ke nomor 1500696 atau mengirim email ke [email protected] dengan mengirimkan bukti pendukung seperti:
- Screenshot bukti gagal transfer
- Nomor ponsel OVO dan Shopeepay
- Detail tanggal dan waktu kejadian
Apabila aduan Anda terverifikasi, maka tim OVO akan segera membantu Anda untuk menyelesaikan masalah tersebut.
Akhir Kata
Sebagai penyedia layanan populer di Tanah Air, tak heran apabila cara transfer OVO ke ShopeePay terbilang sangat mudah. Pengguna cukup mengikuti tampilan instruksi pada layar aplikasi masing-masing untuk melakukan pemindahan uang antar akun. Setelah uang masuk ke saldo Shopeepay, maka dana tersebut bisa pengguna gunakan untuk berbelanja di Shopee atau membayar layanan lain yang terhubung ke Shopeepay.