Tabel Jumlah Kromosom pada Makhluk Hidup

Diposting pada

Pengenalan

Dalam dunia biologi, kromosom adalah struktur yang terdapat dalam sel dan membawa informasi genetik. Setiap makhluk hidup memiliki jumlah kromosom yang berbeda-beda. Tabel berikut mencantumkan jumlah kromosom pada beberapa makhluk hidup yang umum ditemukan.

Tabel Jumlah Kromosom

1. Manusia (Homo sapiens): Manusia memiliki 46 kromosom, yang terdiri dari 23 pasang. Pasangan kromosom ini terdiri dari 22 pasang kromosom otonom dan 1 pasang kromosom seks (XX untuk wanita dan XY untuk pria).2. Kucing (Felis catus): Kucing memiliki 38 kromosom, yang juga terdiri dari 19 pasang.3. Anjing (Canis lupus familiaris): Anjing memiliki 78 kromosom, yang terdiri dari 39 pasang.4. Ayam (Gallus gallus domesticus): Ayam memiliki 78 kromosom, yang juga terdiri dari 39 pasang.5. Ikan Mas (Cyprinus carpio): Ikan mas memiliki 104 kromosom, yang terdiri dari 52 pasang.6. Ulat Sutera (Bombyx mori): Ulat sutera memiliki 31 kromosom, yang terdiri dari 15 pasang.7. Tumbuhan Tomat (Solanum lycopersicum): Tumbuhan tomat memiliki 24 kromosom, yang juga terdiri dari 12 pasang.8. Tumbuhan Jagung (Zea mays): Tumbuhan jagung memiliki 20 kromosom, yang terdiri dari 10 pasang.9. Tumbuhan Kacang Hijau (Vigna radiata): Tumbuhan kacang hijau memiliki 22 kromosom, yang juga terdiri dari 11 pasang.10. Serangga Lebah Madu (Apis mellifera): Serangga lebah madu memiliki 16 kromosom, yang terdiri dari 8 pasang.

Baca Juga:  Produk Bodycare: Rahasia Merawat Kulitmu dengan Lebih Baik

Pentingnya Jumlah Kromosom

Jumlah kromosom pada suatu makhluk hidup memiliki peran penting dalam penentuan pewarisan sifat dan variasi genetik. Perubahan dalam jumlah kromosom dapat mengakibatkan perubahan dalam karakteristik dan bentuk tubuh suatu makhluk hidup. Misalnya, manusia dengan kondisi kromosom tambahan pada pasangan ke-21 akan mengalami sindrom Down.Selain itu, jumlah kromosom juga dapat digunakan untuk mempelajari hubungan evolusi antara spesies. Dengan membandingkan jumlah kromosom antara spesies yang berhubungan, kita dapat mengidentifikasi perubahan kromosomik yang terjadi selama evolusi.

Kesimpulan

Tabel di atas memberikan gambaran tentang jumlah kromosom pada beberapa makhluk hidup yang umum ditemukan. Jumlah kromosom ini sangat penting dalam pewarisan sifat, variasi genetik, dan studi evolusi. Dengan memahami jumlah kromosom pada makhluk hidup, kita dapat lebih memahami kompleksitas kehidupan dan keragaman yang ada di dunia ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *