Simtudduror Latin dan Artinya

Diposting pada

Pendahuluan

Simtudduror merupakan salah satu karya sastra yang sangat terkenal di kalangan umat Islam. Kitab ini ditulis oleh Syekh Muhammad bin Hasan Al-Mahbub Al-Jufri. Buku ini berisikan kumpulan sholawat yang dipadukan dengan puisi-puisi indah yang menggunakan bahasa Arab, termasuk dalam bahasa Latin. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang arti dari beberapa bait dalam Simtudduror Latin. Mari kita simak bersama!

Bait Pertama

Ya nabi salam ‘alaika, salawatuLlahi ‘alaikaArtinya: Wahai Nabi, salam sejahtera untukmu, rahmat Allah atas dirimu.

Bait pertama ini merupakan permulaan dari kitab Simtudduror. Dalam bait ini, kita mengirimkan salam dan rahmat kepada Nabi Muhammad SAW. Mengirimkan salam kepada Rasulullah merupakan amalan yang sangat dianjurkan dalam agama Islam.

Bait Kedua

Alaika sholatuLlahi, alaika salaamullahArtinya: Kepadamu shalawat Allah, kepadamu salam Allah.

Dalam bait kedua ini, kita berdoa agar shalawat dan salam Allah senantiasa menghampiri Nabi Muhammad SAW. Shalawat dan salam kepada Nabi merupakan salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Baca Juga:  Cara Beli Recall ML

Bait Ketiga

Ash-sholatu ‘ala an-Nabiyyi, yamla’u qolbuLlaziArtinya: Shalawat bagi Nabi yang mengisi hati orang yang mencintainya.

Bait ketiga ini menggambarkan betapa besar pengaruh shalawat kepada Nabi Muhammad SAW dalam menyucikan hati dan jiwa seseorang yang mencintainya. Dengan mengucapkan shalawat, hati kita akan terasa lebih tenang dan penuh cinta kepada Nabi.

Bait Keempat

SholatuLlahi ma’al kahfi, yamla’u qolbuLlaziArtinya: Shalawat Allah beserta penghuni gua, mengisi hati orang yang mencintainya.

Bait keempat ini mengacu kepada kisah Ashabul Kahfi yang menjadi penghuni gua selama ratusan tahun. Dalam bait ini, kita berdoa agar shalawat Allah senantiasa mengisi hati kita seperti halnya penghuni gua yang dilindungi oleh Allah SWT.

Bait Kelima

Ta’rofuLlaha bi jamalihi, yatlu Laha qolbuLlaziArtinya: Mengenal Allah dengan keindahannya, hati orang yang mencintainya membacanya.

Dalam bait ini, kita diajak untuk mengenal Allah SWT melalui keindahan-keindahan yang tercipta di dunia ini. Hati orang yang mencintai Allah akan selalu merindukan-Nya dan membaca nama-Nya dengan penuh kecintaan.

Baca Juga:  Arti Bangs: Mengungkap Makna di Balik Bangs di Indonesia

Bait Keenam

Wala sholatan illaLlahi, yamla’u qolbuLlaziArtinya: Tiada shalawat kecuali milik Allah, mengisi hati orang yang mencintainya.

Bait keenam ini menjelaskan bahwa hanya Allah yang memiliki hak untuk menerima shalawat. Shalawat kepada Nabi Muhammad SAW merupakan bentuk ibadah yang diperintahkan oleh Allah SWT.

Kesimpulan

Simtudduror Latin adalah kumpulan sholawat yang diungkapkan dalam bahasa Latin. Banyak bait-bait dalam Simtudduror Latin yang memiliki makna yang dalam dan indah. Melalui sholawat dan salam kepada Nabi Muhammad SAW, kita dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT dan menyucikan hati kita. Mari kita selalu mengucapkan sholawat dan salam kepada Nabi Muhammad SAW sebagai bentuk penghormatan dan rasa cinta kepada baginda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *