Aplikasi Gojek error hari ini adalah situasi yang perlu pengguna segera atasi agar dapat menggunakan layanan kembali.
Semakin populernya Gojek di Tanah Air, membuatnya tak luput dari kendala yang membuat sebagian pengguna mengeluh.
Untuk mengatasi masalah ini, pengguna pun perlu memastikan penyebabnya terlebih dahulu karena error ini bisa terjadi karena berbagai faktor.
Faktor Penyebab dan Solusi Aplikasi Gojek Error Hari Ini
Seperti yang kita tahu, Gojek adalah salah satu aplikasi ojek online populer di Indonesia degan jumlah pengguna yang begitu besar.
Ada banyak layanan yang menjadi andalan pengguna untuk memudahkan pemenuhan berbagai kebutuhan sehari-hari.
Sayangnya, superapp yang satu ini pun tak luput dari kendala yang membuat penggunanya jadi tidak bisa memesan layanan atau mengakses fitur lain yang mereka butuhkan.
Nah, ada beberapa hal yang bisa membuat aplikasi Gojek jadi bermasalah. Faktor penyebab error ini pun bisa dari sisi pengguna, maupun dari sisi Gojek sendiri. Berikut penjelasannya:
Masalah Koneksi Internet
Sebagai aplikasi online, maka kinerja aplikasi Gojek pun sangat terpengaruh pada kualitas koneksi internet.
Sinyal yang lemah atau tidak stabil menyebabkan aplikasi Gojek tidak dapat mengirim atau menerima data dari server secara optimal sehingga memicu error.
Biasanya gejala yang terlihat ada pada bar sinyal yang kurang, tidak ada indikator LTE, 4G atau 5G atau bahkan tanda silang sementara aplikasi terlihat hanya loading tanpa henti.
Untuk mengatasi masalah ini, pastikan koneksi internet Anda cukup kuat dan stabil, misalnya dengan menggunakan beralih dari jaringan seluler ke wifi, cek sisa kuota paket data atau pindah lokasi.
Pertimbangkan pula untuk menyalakan ulang router, beganti APN, mencoba opsi mode pesawat atau menyalakan ulang perangkat untuk mengatasi koneksi yang buruk.
Masalah Versi Aplikasi Gojek
Perlu Anda ketahui pula bahwa versi aplikasi Gojek yang sudah kadaluwarsa juga bisa memicu masalah karena kendala kompatibilitas atau lainnya.
Versi aplikasi terbaru memastikan bahwa pengguna dapat mengakses data terbaru dari server dengan aman.
Selain itu, aplikasi yang up-to-date juga memastikan kesesuaiannya dengan sistem operasi perangkat.
Silakan coba membuka platform distribusi resmi untuk perangkat Anda dan lihat apakah ada pembaruan untuk aplikasi Gojek ataukah tidak.
Selain itu, Anda juga bisa mempertimbangkan untuk menginstal ulang aplikasi Gojek dari Google Play Store atau App Store untuk memastikan versi terbaru yang bebas dari bug.
Cache Aplikasi yang Sudah Terlalu Penuh
Cache adalah data sementara yang diperlukan sistem untuk mempercepat proses loading aplikasi, termasuk untuk aplikais Gojek.
Namun ada kalanya, ukuran cache bisa sangat besar hingga membuat penyimpanan perangkat Anda semakin menipis.
Di lain sisi, sistem operasi perangkat juga membutuhkan sisa penyimpanan yang cukup untuk dapat menjalankan berbagai fungsi dan fitur perangkat.
Gejala yang bisa Anda amati dari penyebab ini adalah popnsel yang terasa lambat merespon atau ada peringatan memori penuh.
Nah, untuk mengatasi kendala yang umumnya terjadi pada perangkat lawas atau yang memiliki keterbatasan penyimpanan, bisa mencoba menghapus data sementara tersebut.
Untuk menghapus cache aplikasi Gojek, Anda bisa menekan tahan ikon aplikasi untuk membuka pengaturan lanjutan aplikasi tersebut.
Pada tampilan tersebut, pengguna dapat memilih opsi Hapus Cache kemudian Paksa Berhenti aplikasi sebelum mencoba membuka aplikasi kembali.
Apabila cara ini belum memperbaiki masalah, pertimbangkan opsi Hapus Data yang akan menghapus semua data dan pengaturan aplikasi yan membuat seakan Anda melakukan instal ulang aplikasi.
Anda juga bisa menggunakan aplikasi pembersih bawaan sistem atau aplikasi pihak ketiga untuk membersihkan Cache lain di perangkat Anda yang bisa saja membuat perangkat kesulitan menjalankan Gojek.
Server Gojek Gangguan
Meskipun jarang terjadi, bukan berarti faktor gangguan pada server Gojek ini bisa Anda kesampingkan.
Masalah ini bisa saja terjadi karena sedang ada pemeliharaan sistem, perbaikan bug, atau masalah lainnya yang dapat mempengaruhi kinerja aplikasi Gojek Anda.
Anda bisa memastikan hal ini dengan memeriksa status server menggunakan website pendeteksi down, cek akun resmi media sosial Gojek atau menanyakan ke pengguna lain.
Jika memang sedang terjadi gangguan, yang bisa Anda lakukan sebagai pengguna hanya menunggu dengan sabar hingga server pulih atau hubungi layanan pelanggan untuk informasi lebih lanjut.
Layanan pelanggan Gojek dapat Anda akses melalui:
Aplikasi Gojek:
- Buka menu Bantuan (di bawah)
- Silakan pilih topik sesuai masalah Anda
- Lalu pilih opsi Hubungi Kami untuk mengirim pesan ke CS Gojek.
Melalui Email:
- Buka aplikasi email Anda
- Buat email baru ke [email protected] (keluhan pelanggan), [email protected] (mitra restoran GO-FOOD), atau [email protected] (GO-PAY)
- Jelaskan kendala Anda beserta cuplikan layar yang sesuai
Melalui Telepon:
- Keluhan pelanggan (021) 50849000
- Keluhan mitra pengemudi GO-RIDE (021) 50849022
- Keluhan mitra pengemudi GO-CAR/GO-BLUEBIRD/GO-BOX (021) 50849044
- Keluhan penipuan mengatasnamakan Gojek/GoPay 1500304 extension line 2
Melalui Media Sosial:
Kirim direct message ke akun resmi media sosial Gojek
- Twitter (@gojekindonesia)
- Facebook (gojekindonesia)
- Instagram (gojekindonesia)
- LINE (Gojek Indonesia)
Akhir Kata
Demikian beberapa faktor penyebab aplikasi Gojek error hari ini yang bisa Anda analisis berdasarkan gejala yang Anda alami.
Anda bisa mencoba menerapkan langkah-langkah di atas untuk mengatasi masalah sesuai penyebab tersebut.
Semoga berhasil.