Aplikasi pihak ketiga ML menjadi salah satu kendala yang sering pemain alami dan dapat coba diatasi melalui beberapa kiat sederhana.
Peringatan ini biasanya muncul pada saat pemain mencoba login ke akun Mobile Legends dan dapat mencegah pemain melanjutkan ke game.
Nah, apabila Anda juga mengalami kendala serupa, silakan simak penjelasannya berikut ini.
Apa Penyebab Aplikasi Pihak Ketiga ML dan Bagaimana Mengatasinya?
Peringatan aplikasi pihak ketiga adalah sebuah pesan yang muncul di layar game Mobile Legends ketika pemain hendak login ke dalam game.
Sebagian pemain bisa saja merasa kesal karena tidak bisa segera bermain dengan akun mereka karena notifikasi ini yang mencegah mereka untuk login.
Untuk mengatasinya, pemain pun perlu mengenali penyebabnya terlebih dahulu.
Penyebab Munculnya Peringatan Aplikasi Pihak Ketiga di Mobile Legends
Notifikasi ini muncul karena game mendeteksi adanya aplikasi atau program yang tidak resmi atau tidak diizinkan oleh pengembang.
Nah, aplikasi ataupun script ini biasanya berjalan di latar belakang saat bermain game yang kadang diketahui pemain maupun tidak.
Aplikasi atau program ini bisa saja berupa aplikasi cheat, mod, hack, kode atau script yang berpotensi memanipulasi permainan.
Dalam kasus yang disengaja, tentu saja penggunaan cheat, mod dan hack ini akan merugikan pemain Mobile Legends lain.
Tentunya, pengalaman semacam ini tidak diinginkan oleh Moonton sebagai pengembang game Mobile Legends.
Oleh karena itu, muncullah peringatan aplikasi pihak ketiga ini yang memang bertujuan untuk menjaga keadilan dan keseimbangan dalam game.
Selain itu, melalui cara ini, pengembang juga ingin mencegah terjadinya pelanggaran hak cipta dan keamanan data para pemain setia mereka.
Sanksi dari peringatan ini bisa mengakibatkan akun pemain terblokir atau dibanned oleh pihak Moonton apabila tak diindahkan.
Cara Mengatasi Peringatan Aplikasi Pihak Ketiga di Mobile Legends
Untuk mengatasi peringatan ini, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan, yaitu:
Hapus Aplikasi Pihak Ketiga (Jika Ada)
Apabila Anda memang menggunakan aplikasi pihak ketiga, silakan coba menghapus atau menonaktifkannya terlebih dahulu.
Setelah itu, silakan coba hapus cache game Mobile Legends atau restart perangkat sebelum login ulang ke game.
Hapus Cache dan Data MLBB
Apabila langkah pertama di atas belum efektif, silakan ulangi menghapus cache game Mobile Legends dengan menekan tahan ikon game kemudian masuk ke pengaturan lanjutan.
Apabila peringatan masih muncul saat Anda mencoba login ulang, pertimbangkan untuk memilih opsi Hapus Data, restart perangkat kemudian login ulang ke game.
Langkah ini bertujuan untuk menghapus sisa file atau data yang masih ada kaitannya dengan aplikasi pihak ketiga tadi.
Instal Ulang Game Mobile Legends
Jika hapus data belum mengatasi peringatan, lanjutkan dengan menghapus atau uninstal Mobile Legends terlebih dahulu.
Setelah itu, silakan download ulang game dari PlayStore atau AppStore untuk memastikan bahwa game Mobile Legends Anda adalah versi terbaru.
Hubungi Layanan Pelanggan Mobile Legends
Jika peringatan masih muncul, silakan hubungi tim dukungan MLBB untuk menghilangkan peringatan aplikasi pihak ketiga tersebut.
Layanan pelanggan Mobile Legends dapat dihubungi melalui email, telepon, atau media sosial resmi untuk menjelaskan kendala yang Anda alami.
Tips Mencegah Peringatan Aplikasi Pihak Ketiga di Mobile Legends
Untuk mencegah munculnya peringatan ini, ada beberapa tips yang bisa dilakukan oleh pemain, antara lain:
Scan Ponsel Menggunakan Antivirus
Jika Anda tidak tahu adanya aplikasi pihak ketiga di ponsel Anda, ada kemungkinan bahwa aplikasi atau program tersebut terinstal secara diam-diam tanpa sepengetahuan Anda.
Hal ini bisa terjadi karena Anda mengunduh file dari sumber yang tidak terpercaya, mengklik tautan yang mencurigakan, atau memberikan izin akses yang tidak perlu kepada aplikasi tertentu.
Oleh karena itu, tak ada salahnya Anda mencoba melakukan pemindaian virus atau malware menggunakan aplikasi antivirus terpercaya.
Hindari Menggunakan Aplikasi Cheat, MOD dan Sebagainya
Pastikan Anda tidak menginstal atau menjalankan aplikasi pihak ketiga untuk Mobile Legends mengingat pengembang game ini terbilang instens memperbarui keamanan game mereka.
Hapus Cache secara Berkala
Pertimbangkan untuk membersihkan cache dan data game Mobile Legends secara berkala.
Anda bisa masuk ke pengaturan aplikasi, kemudian cari game Mobile Legends lalu tekan tombol bersihkan cache.
Hal ini untuk memastikan bahwa game menggunakan file dan data yang fresh setiap kali Anda bermain.
Gunakan Layanan VPN Berkualitas
Anda mungkin juga bisa mempertimbangkan penggunaan VPN resmi dan terpercaya ketika bermain game Mobile Legends.
VPN bisa membantu mengatasi masalah koneksi yang lambat atau tidak stabil, namun juga bisa menjadi pemicu masalah karena penyedia layanan yang tidak jelas.
Oleh karena itu, hanya pergunakan layanan VPN dengan reputasi baik dan banyak digunakan oleh pemain lain.
Hati-hati Saat Klik Link Apapun
Hindari membuka atau mengklik link secara asal yang mungkin mencurigakan yang kemungkinan dikirim oleh orang tak bertanggung jawab.
Link ini bisa saja menyebar melalui chat, email, website atau media sosial yang bisa mengandung virus atau malware yang dapat mencuri data pribadi hingga menginfeksi perangkat.
Termasuk dapat menginstal aplikasi pihak ketiga yang masuk dalam daftar pencegahan dalam game.
Akhir Kata
Demikian penjelasan tentang apa itu peringatan aplikasi pihak ketiga ML, penyebab dan cara untuk mengatasi masalah tersebut.
Selain itu, Anda juga bisa meningkatkan keamanan perangkat dan data pribadi Anda dengan menerapkan beberapa tips di atas.