Cara klaim garansi Xiaomi adalah prosedur pengguna yang ingin mengajukan klaim atas layanan jaminan produk selama periode tertentu. Sebagai salah satu merek gadget terkemuka, Xiaomi menyediakan layanan garansi untuk setiap produk mereka. Anda sebagai pengguna sudah seharusnya memanfaatkan layanan ini apabila produk yang Anda beli bermasalah.
Bagaimanakah Cara Klaim Garansi Xiaomi?
Sebagai informasi, garansi Xiaomi adalah jaminan yang diberikan oleh produsen kepada konsumen bahwa produk yang mereka beli akan berfungsi dengan baik selama periode tertentu. Untuk produk smartphone, Xiaomi memberikan garansi yang beragam hingga 24 bulan. Sementara untuk produk aksesoris seperti baterai, charger, dan earphone biasanya lebih singkat.
Beberapa jenis kerusakan umum Xiaomi yang bisa pengguna klaim garansinya antara lain:
- Kerusakan di bagian layar seperti retak, bintik hitam atau tidak responsif
- Kerusakan baterai seperti menggembung, cepat habis (drop) atau tidak bisa dicharge
- Kerusakan kamera seperti blur, noda atau bahkan tidak bisa dibuka atau tidak terhubung
- Kerusakan speaker, mikrofon maupun jack audio seperti suara yang pecah, tidak terdengar atau headset tidak bisa terhubung
- Kerusakan tombol fisik seperti tombol power, volume, atau home yang macet dan tidak berfungsi
- Kerusakan sistem operasi seperti bootloop, hang atau error
Jika terjadi kerusakan atau kecacatan pada produk selama masa garansi, konsumen dapat mengajukan klaim garansi ke pusat layanan resmi Xiaomi atau mitra servis. Namun seperti halnya layanan garansi pada umumnya, garansi Xiaomi juga tidak berlaku untuk kerusakan karena faktor eksternal. Beberapa faktor eksternal ini misalnya bencana alam, kecelakaan, kesalahan penggunaan (jatuh, kena air dan sebagainya), modifikasi atau perbaikan yang tidak sah.
Untuk mengajukan klaim garansi Xiaomi, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:
Pastikan produk Xiaomi Anda masih dalam masa garansi
Perlu Anda ingat bahwa masa garansi produk Xiaomi bisa berbeda-beda, tergantung jenis dan tanggal pembeliannya. Maka dari itu, kami sarankan Anda untuk memeriksa masa garansi produk Anda pada website resmi Xiaomi atau menghubungi layanan pelanggan Xiaomi. Cara cek garansi ponsel Xiaomi misalnya, bisa Anda lakukan lebih mudah dengan cara online sebagai berikut:
- Buka browser lalu kunjungi website Xiaomi
- Selanjutnya, silakan masukkan nomor IMEI ponsel Xiaomi yang ingin periksa garansinya (IMEI bisa Anda lihat pada box ponsel atau dengan menekan kode UMB *#06#)
- Setelah memasukkan nomor IMEI dengan benar, lakukan verifikasi sesuai instruksi di website
- Kemudian klik opsi Langkah Selanjutnya
- Tunggu beberapa saat dan Anda bisa melihat status masa garansi untuk ponsel Xiaomi tersebut
Siapkan bukti pembelian produk Xiaomi Anda
Dokumen bukti pembelian (faktur, nota atau kartu garansi) penting untuk membuktikan bahwa Anda adalah pemilik sah produk Xiaomi. Selain itu, dokumentasi ini juga berguna untuk membuktikan bahwa produk Anda memenuhi syarat untuk mengajukan klaim garansi.
Bawa atau kirim produk Xiaomi Anda ke pusat layanan resmi Xiaomi
Anda bisa mencari lokasi pusat layanan resmi Xiaomi terdekat dari website resmi Xiaomi. Pastikan Anda membawa bukti pembelian produk Anda dan aksesoris yang termasuk dalam paket penjualan, seperti kabel, charger, atau earphone. Selain itu, Anda juga bisa menghubungi layanan pelanggan Xiaomi untuk mendapatkan detail bagaimana mekanisme perbaikan dan ke mana produk harus Anda kirim.
Jelaskan masalah yang Anda alami dengan produk tersebut
Apabila Anda memilih mengunjungi pusat layanan resmi Xiaomi, serahkan produk ke petugas lalu jelaskan masalah yang Anda alami. Petugas kemudian akan melakukan pemeriksaan awal untuk menentukan apakah produk Anda memang memenuhi syarat untuk klaim garansi ataukah tidak. Anda kemungkinan juga akan mendapatkan informasi estimasi biaya dan lamanya durasi perbaikan.
Terima penjelasan petugas
Setelah petugas melakukan pemeriksaan, maka Anda akan mendapatkan penjelasan terkait status klaim. Apabila klaim memenuhi syarat, maka service Xiaomi menerima produk Anda kemudian memberikan tanda terima klaim garansi yang memuat nomor klaim, tanggal pengembalian dan perkiraan biaya perbaikan produk (jika ada). Jika tidak memenuhi syarat, maka Anda mungkin mendapat alternatif lainnya untuk Anda pertimbangkan.
Tunggu hingga Xiaomi Anda selesai perbaikan
Lama waktu perbaikan atau penggantian produk Xiaomi bergantung pada ketersediaan suku cadang dan tingkat kerusakan produk. Anda bisa memeriksa status perbaikan maupun penggantian produk Anda di website resmi Xiaomi. Selain itu, Anda juga bisa memantau status klaim dengan menghubungi layanan pelanggan Xiaomi menggunakan nomor klaim yang ada di tanda terima klaim garansi.
Ambil kembali produk Xiaomi Anda
Setelah mendapatkan pemberitahuan bahwa produk Anda selesai perbaikan, silakan ambil kembali Xiaomi Anda di ervice center Xiaomi tersebut. Pastikan Anda membawa tanda terima klaim dan melunasi biaya perbaikan (bila ada) sesuai tanda terima klaim. Periksa kembali kondisi Xiaomi Anda dan pastikan masalah produk berhasil teratasi.
Akhir Kata
Tak jauh berbeda dengan layanan garansi brand lain, cara klaim garansi Xiaomi terbilang mudah dengan ketersediaan jaringan service center yang luas. Untuk mengajukan klaim garansi, pastikan Anda memiliki bukti pembelian dan kartu garansi yang masih berlaku ke service center resmi Xiaomi. Pastikan pula penyebab kerusakan bukan dari kesalahan penggunaan atau faktor eksternal lain.