Cara Menambah Kolom di Excel

4 Pilihan Cara Menambah Kolom di Excel dengan Mudah 

Diposting pada

Cara menambah kolom di Excel bisa pengguna lakukan melalui beberapa pilihan, melalui Insert atau sekedar menarik kolom judul. 

Adanya pilihan cara ini pun memungkinkan pengguna untuk memilih teknik yang paling sesuai dengan preferensinya. 

Namun sebelum itu, ada beberapa alasan mengapa Anda perlu menguasai cara-cara menambahkan kolom di Microsoft Excel ini. 

Mengapa Perlu Mengetahui Cara Menambah Kolom di Excel? 

Cara Menambah Kolom di Excel

Ya, ada beberapa alasan mengapa Anda sebagai pengguna perlu mengetahui cara untuk menambahkan kolom baru pada lembar kerja Excel. 

Ingin Menambahkan Data Baru 

Dalam beberapa skenario kerja, ada kalanya pengguna melewatkan data penting yang kemudian harus ditambahkan setelah dokumen selesai. 

Selain data yang tak terduga ini, bisa saja pengguna lupa menambahkan informasi tambahan terkait data yang sudah ada. 

Atau pada skenario lain, pengguna ingin mengelompokkan data berdasarkan kategori baru sehingga perlu menambahkan kolom lagi. 

Melakukan Perhitungan Lain 

Kolom baru kadang juga perlu pengguna tambahkan saat ingin menambahkan kolom rumus, untuk menghitung nilai dari data pada kolom lain. 

Begitu pula jika ingin membuat kolom baru berisi hasil perhitungan statistik (rata-rata, median, dll.) atau hasil simulasi dan analisis what-if. 

Menyesuaikan Tampilan Data 

Agar orang lain lebih mudah dalam memahami lembar kerja, pengguna juga bisa menambahkan kolom berisi catatan atau komentar terkait data. 

Selain itu, kolom baru juga bisa memuat format data khusus (tanggal, mata uang, dll.) dan sebagainya. 

Baca Juga:  Tips dan Rekomendasi Aplikasi Catatan Harian untuk PC 

Hal ini akan memudahkan analisis data karena data yang tersaji dalam kolom terpisah berdasarkan kategori tertentu. 

Keperluan Kolaborasi Kerja 

Dalam hal pekerjaan tim, kolom baru juga memungkinkan pengguna untuk menambahkan kolom status atau komentar untuk melacak perubahan data. 

Kolom baru juga bisa berisi izin pengguna untuk mengontrol akses data atau catatan audit untuk melacak perubahan data. 

Meski memiliki berbagai manfaat, Anda sebaiknya tidak secara asal menambahkan kolom dan tetap menyesuaikan kebutuhan dan kompleksitas data. 

Oleh karena itu, sebaiknya pengguna merencanakan struktur lembar kerja sebelum menambahkan kolom. 

Pilihan Cara untuk Menambahkan Kolom Baru di Excel  

Anda bisa memilih opsi menambahkan kolom baru di Microsoft Excel sesuai dengan preferensi atau kemampuan Anda.  

Berikut penjelasan masing-masing pilihan: 

Tambah Kolom Menggunakan Menu Insert 

Cara pertama ini mungkin menjadi alternatif mudah dan fleksibel karena memungkinkan Anda untuk menambahkan beberapa kolom sekaligus. 

Namun demikian, dalam hal efisiensi, cara ini memerlukan beberapa kali klik yang mungkin terkesan kurang praktis bagi pengguna tingkat mahir 

Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan: 

  1. Silakan pilih sel (di kanan atau kiri) tempat Anda ingin menambahkan kolom baru. 
  2. Selanjutnya, klik tab Home dan klik Insert di grup Cells. 
  3. Berikutnya, klik Insert Sheet Columns. 
  4. Sesuaikan penambahan jumlah kolom dengan kebutuhan Anda. 

Menambah Kolom dari Menu Konteks 

Context Menu juga bisa menjadi opsi cepat dan mudah untuk menambahkan kolom baru di Excel. Meskipun cara ini tidak bisa Anda gunakan untuk menambahkan beberapa kolom sekaligus. 

Cara Menambah Kolom di Excel

Berikut ini langkahnya: 

  1. Klik kanan sel (di kanan atau kiri) tempat Anda ingin menambahkan kolom baru. 
  2. Setelah itu, klik Insert dari menu konteks yang muncul. 
  3. Berikutnya, klik Insert Sheet Columns. 
Baca Juga:  Gunakan Template CV Gratis untuk Permudah Melamar Kerja 

Tambahkan Kolom Baru dari Pintasan Keyboard 

Bagi Anda yang sudah terbiasa bekerja dengan Microsoft Excel, maka pintasan (shortcut) bisa jadi cara yang cepat dan efisien, termasuk untuk menambahkan kolom. 

Tapi bila Anda belum hafal benar kombinasi tombol keyboard-nya, mungkin Anda harus mulai membiasakan diri atau mencari alternatif lainnya. 

Ikuti panduan berikut untuk melakukannya: 

  1. Silakan klik pada sel (di kanan atau kiri) yang ingin Anda tambah kolom baru. 
  2. Selanjutnya, tekan tombol Ctrl dan Shift dan + di keyboard secara bersamaan. 
  3. Anda akan melihat kolom baru ditambahkan pada lembar kerja Anda. 

Menambah Kolom Baru dengan Menarik Kolom Judul 

Opsi terakhir ini bisa jadi cara yang gampang jika Anda cenderung mengandalkan visual dalam bekerja. 

Namun perlu Anda ingat pula bahwa cara ini mungkin saja kurang akurat jika dibandingkan pilihan cara lain di atas. 

Berikut langkah panduannya:  

  1. Silakan klik kanan dan tahan pada judul kolom (di kanan) tempat Anda ingin menambahkan kolom baru. 
  2. Setelah itu, silakan tarik judul kolom tersebut ke arah kanan. 
  3. Jika sudah berada pada tempat yang Anda inginkan, lepaskan tombol. 

Secara bawaan, kolom baru akan muncul di sebelah kanan sel yang Anda pilih. Anda bisa menambahkan ke sisi kiri dengan klik pada opsi Insert to Left. 

Akhir Kata 

Cara menambah kolom di Excel mana yang ingin Anda gunakan, tentunya menyesuaikan dengan kemampuan dan preferensi Anda. 

Dengan langkah yang terbilang sederhana di atas, Anda tak akan mengalami kesulitan untuk menyesuaikan kolom di lembar kerja Excel Anda. 

Namun tetap perhatikan untuk tidak asal menambahkan kolom, dengan tetap memperhatikan kebutuhan. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *