Cara mengatasi BRImo tidak bisa login kode P7 adalah prosedur agar pengguna bisa segera mengakses kembali layanan BRI dari ponselnya.
Sebagai salah satu aplikasi online, BRImo memang tak luput dari kendala yang kemudian muncul dengan kode error tetentu.
Salah satu kode error tersebut adalah error kode P7 yang mungkin saat ini juga sedang Anda alami.
Penyebab dan Cara Mengatasi BRImo Tidak Bisa Login Kode P7
Sebagai informasi, kode error P7 adalah salah satu jenis penanda adanya kesalahan yang terjadi di aplikasi BRImo.
Tak jauh berbeda dari kode error lainnya, masalah ini juga dapat membuat pengguna tidak dapat mengakses akun rekening BRI mereka dari aplikasi seluler BRImo.
Umumnya, masalah ini terjadi pada pengguna yang terbilang intens menggunakan aplikasi dan internet banking, hingga pengguna baru.
Penyebab Kode P7 di Aplikasi BRImo
Untuk memudahkan analisa penyebab munculnya kode error ini, tak ada salahnya bila sedikit kita bahas pula tentang alternatif untuk mengakses layanan internet banking BRI.
Untuk dapat mengakses internet banking BRI, pengguna bisa memilih beberapa opsi, seperti melalui website BRI, aplikasi seluler BRImo dan mesin ATM BRI.
Akun Pengguna Belum Logout
Nah, kode P7 di aplikasi BRImo merupakan kode yang menunjukkan bahwa akun pengguna masih mengakses internet banking BRI.
Sedangkan untuk alasan keamanan, tentu saja akun pengguna hanya diizinkan mengakses layanan perbankan tersebut melalui salah satu opsi.
Misalnya, saat pengguna sudah mengakses akunnya dari website BRI, maka ia tidak diizinkan untuk mengakses akun yang sama dari aplikasi maupun ATM.
Artinya, sebelum mengakses dari opsi yang lain, pengguna perlu melakukan logout terlebih dahulu agar tidak muncul kode P7 tersebut.
Masalah Koneksi
Untuk dapat logout dengan sempurna, tentunya pengguna perlu memastikan bahwa perangkatnya terhubung ke jaringan internet yang kuat dan stabil.
Ada kemungkinan proses logout tertunda karena perangkat atau laptop yang tiba-tiba kehilangan koneksi internet sehingga akun tersebut masih terhubung ke server.
Nah, pada saat mencoba login ke ponsel, muncul kode P7 karena akun masih mengakses server layanan BRI.
Gangguan Server
Meskipun jarang terjadi, masalah pada server BRI juga bisa memicu kemunculan kode P7.
Masalah pada server bisa saja membuatnya mengidentifikasi adanya user ID yang sama sehingga akses pengguna ditolak dengan kode tersebut.
Cara Mengatasi Kode P7 di BRImo
Untuk mencoba mengatasi masalah ini, ada beberapa langkah yang bisa Anda coba:
Cek Jaringan Internet
Sebelum mencoba alternatif solusi lain, selalu pastikan bahwa perangkat Anda terhubung ke jaringan internet yang kuat dan stabil dengan kuota yang juga mencukupi.
- Cek paket internet Anda untuk memastikan Anda masih memiliki kuota yang cukup.
- Coba beralih APN lainnya atau nonaktifkan DNS (jika Anda menerapkannya)
- Coba nyalakan Mode Pesawat selama beberapa saat kemudian nonaktifkan kembali.
- Silakan mencoba beralih mode jaringan dari jaringan seluler ke jaringan WiFi, atau sebaliknya.
- Restart perangkat Anda untuk menyegarkan jaringan, sistem dan aplikasi.
Cek Status Login
Setelah memastikan ketesediaan internet, selanjutnya Anda perlu memastikan bahwa akun Anda sudah tidak mengakses layanan internet banking BRI.
Silakan lakukan logout dari akun Anda jika baru saja mengakses layanan dari laptop atau dari perangkat lain. Berikut langkah yang bisa Anda lakukan:
- Buka aplikasi BRImo atau website BRI di perangkat Anda
- Selanjutnya pilih menu Profil (di kanan bawah layar BRImo).
- Setelah itu, pilih opsi Keluar.
- Konfirmasi permintaan Anda dengan menekan tombol Ya.
- Jangan beralih sebelum aplikasi atau website kembali ke halaman awal.
- Jika sudah menampilkan halaman awal, tunggu beberapa saat sebelum mencoba login kembali.
- Berikutnya, Anda bisa memasukkan nomor rekening dan PIN Anda untuk login kembali di BRImo.
Cek Aplikasi BRImo Anda
Untuk memastikan bahwa bukan aplikasi yang menjadi pemicu kode P7, silakan coba langkah berikut:
- Silakan kunjungi PlayStore atau AppStore untuk memastikan bahwa aplikasi BRImo Anda sudah terbaru. Jika ada pembaruan silakan perbarui aplikasi.
- Bersihkan Cache aplikasi BRImo untuk menghapus file sampah atau data sementara pada aplikasi tersebut sebelum mencoba login kembali.
- Jika perlu, Anda juga bisa menghapus Data yang akan meminta Anda untuk login kembali karena seluruh informasi dan pengaturan Anda di BRImo telah dihapus.
- Uninstal, restart perangkat lalu instal ulang BRImo untuk memastikan bahwa tidak ada konflik di aplikasi dengan sistem operasi ponsel Anda. Setelah itu, login ulang.
Akhir Kata
Demikian cara mengatasi BRImo tidak bisa login kode P7 yang bisa Anda coba. Setelah Anda berhasil login, tak ada salahnya untuk segera mengamankan akses ke akun Anda.
Jika masalah kode P7 masih belum teratasi, silakan hubungi layanan pelanggan BRI di nomor 14017 atau 1500017 untuk bantuan lebih lanjut.