Cara mengatasi BTN Mobile tidak bisa login bisa pengguna lakukan dengan mengenali apa saja penyebabnya dan mengambil tindakan yang diperlukan.
Seperti halnya aplikasi online pada umumnya, aplikasi perbankan yang satu ini pun juga tak luput dari kendala yang kemudian menggunggu aktivitas nasabah.
Untuk mengatasi kendala ini, pengguna pun bisa menganalisa penyebabnya terlebih dahulu agar perbaikan lebih efektif dan efisien.
Bagaimana Cara Mengatasi BTN Mobile Tidak Bisa Login?
Ada beberapa kemungkinan penyebab pengguna tidak bisa login di aplikasi BTN Mobile. Hal ini diantaranya bisa terjadi karena kesalahan pengguna maupun dari kesalahan umum pada aplikasi.
Ada baiknya pengguna mengetahui penyebab pasti kendala aplikasi BTN Mobile sebelum pergi ke kantor cabang untuk mendapatkan bantuan teknis.
Berikut penyebab umum dan cara mengatasi kendala login pada aplikasi BTN Mobile:
Pengguna Belum Terdaftar
Untuk bisa menggunakan aplikasi BTN Mobile, maka pengguna harus memiliki rekening tabungan atau deposito di BTN terlebih dahulu.
Setelah itu, barulah pengguna bisa mendaftar dan mengaktifkan layanan mobile banking di ATM atau kantor cabang BTN terdekat.
Lupa Password atau Username
Masih umum terjadi, pengguna juga bisa saja lupa karakter yang sesuai untuk password atau username mereka
Sebelum mencoba menebak berulang kali, pengguna yang sudah memastikan kealpaannya bisa melakukan reset password atau username melalui menu lupa password atau lupa username di aplikasi.
Pengguna perlu memasukkan nomor rekening, nomor telepon dan kode OTP yang terkirim via SMS.
Salah Memasukkan Password atau Username
apabila pengguna salah memasukkan password atau username, maka pengguna akan mendapatkan pesan kesalahan dan minta mencoba lagi.
Pengguna harus memastikan bahwa password dan username yang dimasukkan sesuai dengan yang didaftarkan sebelumnya.
Jika tidak, pengguna bisa mencoba seperti langkah pada opsi lupa password di atas.
Akses Pengguna Terblokir
Seperti yang sudah kami sebutkan di atas, kesalahan mencoba login berulang (tiga kali berturut-turut), akan membuat akun pengguna akan terblokir secara otomatis.
Pemblokiran akses akun ini sendiri merupakan mekanisme untuk alasan keamanan yang bisa pengguna buka kembali dengan cara menghubungi layanan pelanggan BTN di nomor 1500286 atau di kantor cabang BTN.
Koneksi Internet yang Buruk
Seperti halnnya aplikasi online lainnya, pengguna harus harus terhubung dengan jaringan internet yang stabil dan cukup cepat untuk bisa login di aplikasi BTN Mobile
Jika pengguna mengalami gangguan koneksi, pengguna bisa mencoba beralih antara jaringan seluler atau WiFi, atau mengganti ke opsi jaringan internet lain yang lebih baik.
Kesalahan Izin Aplikasi
Untuk bisa mendapatkan SMS verifikasi yang diperlukan saat login, maka aplikasi BTN Mobile harus mendapatkan izin SMS premium.
Untuk mengaturnya, silakan tekan tahan ikon aplikasi BTN Mobile untuk masuk ke pengaturan
Pada menu kelola aplikasi BTN Mobile, silakan klik bagian Perizinan dan berikan izin akses ke SMS premium.
Kesalahan Penempatan SIM
Untuk aplikasi perbankan, pastikan Anda menempatkan kartu SIM yang terdaftar di BTN Mobile pada slot SIM1.
Selain itu, jika Anda menggunakan data seluler, pastikan kartu SIM tersebut juga menjadi kartu yang menyediakan akses internet di perangkat Anda, kecuali Anda menggunakan WiFi
Namun tentu saja, hal ini hanya berlaku pada ponsel yang mendukung DualSIM atau HybridSIM saja.
Aplikasi BTN Mobile Perlu Update
Untuk alasan keamanan penting, biasanya pengguna juga harus login melalui versi terbaru aplikasi perbankan.
Pembaruan aplikasi, terutama aplikasi keuangan, bertujuan untuk memastikan tidak ada celah keamanan yang berisiko terhadap data pribadi dan akun nasabah.
Silakan periksa adakah pembaruan untuk aplikasi BTN Mobile di PlayStore atau AppStore dan segera lakukan update jika ada.
Masalah Perangkat
Pada perangkat yang memiliki keterbatasan spesifikasi, utamanya memori dan penyimpanan, kinerja aplikasi bisa terganggu karena tidak mendapatkan sumberdaya yang diperlukan.
Dalam hal ini, Anda bisa mencoba menutup aplikasi lain yang tidak perlu, menghapus Cache aplikasi BTN Mobile sebelum mencoba login kembali.
Sebelum Anda mencoba login kedua kali, Anda juga bisa mempertimbangkan untuk instal ulang aplikasi BTN Mobile atau hapus Data aplikasi.
Akhir Kata
Cara mengatasi BTN Mobile tidak bisa login di atas mungkin tak jauh berbeda seperti pada aplikasi perbankan lain pada umumnya.
Jika kendala belum teratasi, ada baiknya Anda menghubungi layanan bantuan atau mengunjungi kantor cabang BTN terdekat di lokasi Anda.
Semoga berhasil.