Cara mengatasi token listrik diblokir bisa pengguna lakukan dari aplikasi PLN Mobile, menghubungi Call Center atau datang ke kantor PLN.
Namun sebelum mencoba salah satu dari dari cara di atas, akan lebih baik bila pelanggan memastikan terlebih dahulu bahwa tokennya benar terblokir.
Dalam tulisan kali ini, kita akan bahas apa saja kemungkinan penyebab pemblokiran dan ketiga opsi solusinya.
Penyebab dan Cara Mengatasi Token Listrik Diblokir
Apabila listrik di tempat Anda padam, atau tidak dapat diisi, memang ada kemungkinan bahwa token telah terblokir oleh PLN.
Kalau sudah begini, Anda pun jadi tidak bisa menggunakan perangkat elektronik maupun kebutuhan lain yang membutuhkan listrik.
Jika Anda ingin kembali menggunakan listrik di rumah, sebaiknya menganalisa apa yang jadi penyebab pemblokiran dan langkah yang tepat untuk mengatasinya.
Penyebab Token Listrik Terblokir
Pastinya pihak PLN tidak serta merta asal dalam menerapkan pemblokiran dan ada penyebab yang perlu mendapat perhatian dari pengguna.
Ada beberapa hal yang kemungkinan dapat menyebabkan token di rumah diblokir oleh PLN, antara lain:
Salah Input Nomor Token
Penyebab paling umum ini memang masih banyak dialami oleh pelanggan, entah karena situasi yang memang terburu-buru atau saking banyaknya digit kode token.
Maka dari itu, setiap kali hendak isi token listrik, pastikan Anda memasukkan nomor token dengan teliti.
Sebelum menekan tombol Enter di meteran, sebaiknya pelanggan juga memeriksa kembali.
Salah memasukkan nomor token hingga 3 kali berturut-turut bisa memicu mekanisme pemblokiran sehingga memerlukan penanganan petugas.
Belum Bayar Tagihan
Penyebab lain yang juga cukup umum terjadi adalah adanya tunggakan tagihan listrik yang sudah melewati masa tenggang.
Dalam hal ini, PLN memblokir token yang terpasang di rumah pelanggan sebagai salah satu dari upaya penagihan tunggakan.
Mengatasinya, tentu Anda sebagai pelanggan harus segera melunasi tagihan listrik terlebih dahulu baru kemudian mengajukan permohonan buka blokir.
Lama Tidak Isi Token
Untuk alasan menghindari penyalahgunaan listrik, pihak PLN juga menerapkan mekanisme pemblokiran apabila tidak diisi setelah beberapa lama.e
Oleh karena itu, sebaiknya tetap lakukan pengisian token meskipun dalam jumlah kecil untuk memastikan bahwa meter Anda masih aktif.
Adanya Kesalahan Sistem
Pihak PLN memang menerapkan sistem pengelolaan database pengguna dengan kategori baik dan terpercaya.
Namun demikian, tetap saja tak menutup kemungkinan adanya kesalahan pada sistem yang kemudian memicu pemblokiran.
Dalam hal ini, listrik di rumah pelanggan tiba-tiba mati begitu saja meski tidak ada tunggakan dan kWh cukup.
Meskipun jarang terjadi, pelanggan bisa menghubungi layanan bantuan PLN untuk menanyakan adakah masalah pada token mereka.
Adanya Masalah pada Meteran
Salah satu hal yang juga tak jarang pelanggan alami adalah adanya masalah pada alat meteran yang terpasang di rumah.
Baik diketahui atau tidak, biasanya ada meteran listrik yang kedapatan sudah diutak-atik sehingga fungsinya jadi meragukan.
Jika petugas menemukan adanya kejanggalan pada meteran, bukan tidak mungkin token akan diblokir untuk sementara hingga pelanggan menyelesaikan adminsitrasi.
Cara Memastikan Token Listrik Terkena Blokir
Anda dapat mencoba memastikan terlebih dahulu bahwa token listrik Anda memang terblokir oleh PLN.
Berikut beberapa kiat untuk mencoba memastikan pemblokiran token:
Cek Dulu Ada Tidaknya Pemadaman
Silakan periksa bahwa lokasi Anda sedang tidak ada pemadaman listrik, misalnya dengan bertanya pada tetangga, atau langsung hubungi kantor PLN setempat.
Cek di Aplikasi PLN Mobile
Jika Anda terbiasa mengggunakan aplikasi PLN Mobile di HP, bisa Anda manfaatkan untuk memeriksa status token listrik apaka terblokir atau tidak.
Cek Meteran Listrik
Silakan lihat pada bagian layar di meteran listrik Anda dan periksa adakah pesan kesalahan seperti ERR atau error dan sebagainya untuk kemungkinan blokir.
Begitu pula dengan informasi daya, jika tidak menunjukkan adanya daya sama sekali, besar kemungkinan bahwa token meteran telah diblok.
Hubungi PLN
Langkah paling pasti adalah dengan menghubungi Call Center PLN di nomor 123 untuk menanyakan status token.
Langkah untuk Mengatasi Token Listrik Diblokir
Setelah menganalisa kemungkinan penyebab da memastikan bahwa meteran listrik Anda telah terkena blokir, berikut ini 3 opsi solusi yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya:
Buka Blokir di Aplikasi PLN Mobil
Langkah paling mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi pemblokiran adalah dengan mengakses layanan dari aplikasi PLN Moblie.
Untuk itu, berikut ini langkah yang bisa Anda lakukan:
- Silakan download dan instal aplikasi PLN Mobile dari sumber resmi lalu buat akun terlebih dahulu.
- Siapkan nomor meteran listrik Anda kemudian buka aplikasinya dan pastikan Anda sudah login ke akun.
- Berikutnya, ketuk menu Pengaduan lalu pilih Gangguan Listrik dan ketuk Token Listrik.
- Setelah itu, silakan masukkan nomor meteran listrik Anda.
- Silakan tuliskan aduan bahwa token Anda telah diblokir dan mohon untuk buka blokir tersebut dan lampirkan foto bukti jika ada (opsional).
- Jika aduan sudah Anda siapkan, ketuk tombol Kirim.
- Sistem akan mulai memproses permintaan Anda untuk pembukaan blokir oleh petugas.
Menghubungi Call Center PLN
Jika Anda sedang tidak terhubung ke internet, bisa menghubungi layanan bantuan melalui sambungan telepon.
Pastikan Anda memiliki pulsa yang cukup untuk menelepon ke nomor 123 dengan langkah sebagai berikut:
- Buat panggilan baru ke nomor 123 di HP Anda.
- Setelah panggilan tersambung ke petugas layanan pelanggan PLN, jelaskan masalah pemblokiran token listrik Anda dan minta bantuan untuk buka blokir.
- Anda mungkin perlu menginformasikan nomor token PLN yang diblokir dan informasi kWh.
- Silakan ikuti instruksi dari petugas untuk menyelesaikan penyebab pemblokiran hingga akhirnya membuka pemblokiran.
Datang ke Kantor PLN
Jika Anda tidak menginstal aplikasi PLN Mobile dan enggan menelepon Call center, maka datang ke kantor PLN bisa jadi pilihan lainnya.
- Siapkan e-KTP Anda berikut kartu ID Pelanggan nomor meteran listrik yang terblokir.
- Datangi kantor PLN di kota Anda di jam kerja 08.00-17.00 lalu ambil nomor antrian (jika ada).
- Berikutnya, silakan jelaskan masalah pemblokiran yang Anda alami.
- Anda mungkin perlu menyelesaikan penyebab pemblokiran terlebih dahulu sebelum akhirnya dibuka.
Akhir Kata
Cara mengatasi token listrik diblokir yang sudah dijelaskan di atas bisa Anda pilih sesuai preferensi dan situasi Anda.
Untuk menghindari pemblokiran yang merepotkan ini, pastikan untuk memasukkan nomor token dengan teliti dan membayar tagihan tepat waktu.
Selain itu, ada baiknya untuk tetap isi token meski listrik di rumah jarang Anda gunakan.