Cara Mengatur Spasi di Word Agar Tidak Berantakan

Diposting pada

Microsoft Word merupakan sebuah software yang bisa kita gunakan untuk mengolah dokumen mulai dari mengetik hingga mengeditnya sesuai kebutuhan.

Nah salah satu masalah yang sering dialami oleh pengguna word yaitu ketika spasi pada tulisan mereka berantakan dan tidak terlihat rapi.

Bagaimana sih cara mengatur spasi di word agar tidak berantakan lagi? Karena jika kita mengeditnya secara manual tentu akan sangat lama dan melelahkan.

Nah tak perlu khawatir, ada tips trik mudah untuk membuat spasi word menjadi rapi dalam waktu singkat. Penasaran?

Tutorial Merapikan Spasi di Word

Microsoft Word sudah dilengkapi dengan berbagai macam tools yang bisa memudahkan pekerjaan kita dalam mengolah sebuah dokumen.

Nah untuk merapikan dokumen pun juga bisa dilakukan dengan cepat apabila kalian tahu caranya. Simak pembahasan berikut ini.

Cara Mengatur Spasi Kata Word

Setiap kata yang kita ketik pastinya akan dipisahkan oleh spasi. Dimana apabila spasi tersebut berantakan, maka akan membuat dokumen terlihat tidak rapi.

  • Buka dokumen yang ingin kalian rapikan.
  • Kemudian pilih menu Home, perhatikan di bagian Font.
  • Pada sisi pojok kanan bawah ada tanda panah kecil, klik ikon tersebut.
  • Kalian juga bisa menekan tombol CTRL + D agar lebih mudah.
  • Kemudian windows baru akan terbuka, pilih tab menu Advance.
  • Selanjutnya pada bagian pengaturan Spasi, pilih pengaturan yang diinginkan.
  • Kalian juga bisa mengatur kerapatan spasi di sebelahnya.
  • Jika sudah sesuai, langsung klik OK untk menyimpan.
Baca Juga:  Mengenal PayPal, Opsi Pembayaran Global Rekomendasi

Cara Mengatur Spasi Antar Baris Word

Berikutnya kalian juga harus menyesuaikan spasi diantara baris yang ada pada word agar terlihat lebih rapi dengan fitur Line Spacing.

  • Buka dokumen kalian, blok tulisan yang ingin diedit.
  • Klik menu Home, pilh Line and Paragraph Spacing.
  • Setelah itu akan muncul pilhan, klik Line Spacing Option.
  • Pada bagian Lne Spacing, kalian bisa tentukan tingkat spasinya.
  • Jika sudah pas, kalian bisa langsung menyimpannya.

Selain cara diatas, ada juga shortcut untuk mengatur jarak antara baris di word sebagai berikut :

  • CRTL + 2 untuk spasi ganda
  • CTRL + 5 untuk spasi 1,5
  • CTRL + 1 untuk spasi tunggal

Cara Mengatur Paragraf Word

Paragraf juga merupakan salah satu bagian penting dari suatu dokumen yang harus diatur agar terlihat rapi jarak satu dan yang lainnya.

  • Buka dokumen kalian, klik menu Home.
  • Pilih opsi Lien and Paragraph Spacing.
  • Kemudian kalian bisa atur jarak antar paragraf.
  • Pilih opsi Line Spacing Options.
  • Tentukan Indents and Spacing sesuai kebutuhan.
  • Pada bagian Spacing, sesuaikan jarak yang diinginkan.
  • Jika sudah sesuai, klik OK untuk menyimpan.
Baca Juga:  Sudah Cek 5 Fitur Terbaru Google Foto yang Makin Canggih Ini?  

Kesimpulan

Nah itulah beberapa tips trik untuk mengatur spasis pada microsoft word. Dengan cara diatas, kalian bisa membuat dokumen menjadi terlihat rapi dan tidak berantakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *