Cara mengganti nomor telepon di IndiHome bisa pelanggan lakukan melalui call center, aplikasi dan website sesuai preferensi.
Mengingat nomor telepon untuk IndiHome merupakan salah satu hal yang penting, maka penyedia layanan pun memberikan berbagai opsi.
Tujuannya agar pelanggan lebih mudah dalam melakukan perubahan informasi tersebut.
Mengapa dan Bagaimana Cara Mengganti Nomor Telepon di IndiHome?
Sebelum membahas tentang pilihan cara mengubah nomor telepon, tak ada salahnya kita bahas terlebih dahulu mengapa penggantian ini perlu dilakukan.
Alasan Pengguna Perlu Ganti Nomor Telepon untuk IndiHome
Ya, ada beberapa alasan mengapa pelanggan ingin berganti nomor telepon IndiHome yang mungkin salah satunya sama dengan yang Anda alami.
Berikut diantaranya:
Pindah Alamat
Alasan utama mengapa pelanggan ingin berganti nomor telepon adalah karena pindah lokasi atau alamat rumah.
Agar dapat terus menggunakan langganan IndiHome mereka, pelanggan perlu ganti ke nomor telepon sesuai area baru.
Kehilangan Akses ke Nomor Telepon
Ada beberapa situasi yang kemudian membuat pengguna kehilangan akses ke nomor telepon mereka, entah karena kehilangan atau rusak.
Untuk mengatasinya, pelanggan perlu menggunakan nomor telepon baru agar bisa terus menggunakan layanan IndiHome.
Alasan Keamanan
Nomor telepon IndiHome yang juga dipergunakan untuk komunikasi atau keperluan lain, pun lebih rentan pada risiko keamanan.
Saat pelanggan merasa nomor IndiHome mereka sudah tidak aman, maka berganti ke nomor telepon baru pun bisa menjadi alternatif terakhir.
Sebagai langkah tambahan, setelah ganti nomor, pelanggan sebaiknya juga mengubah password akun IndiHome mereka.
Alasan Personal
Untuk alasan tertentu, tak jarang pula pelanggan menginginkan nomor telepon lain yang memiliki angka tertentu.
Biasanya pelanggan mungkin ingin menggunakan nomor baru yang lebih mudah diingat atau mirip dengan nomor telepon utama mereka.
Selain beberapa alasan di atas, Anda juga perlu mengetahui bahwa penggantian nomor telepon IndiHome ini tidaklah gratis.
Anda mungkin dikenakan biaya yang bervariasi tergantung pada area langganan Anda.
Untuk memastikan biaya ini, Anda bisa menghubungi call center IndiHome di 147 untuk informasi lebih lanjut.
Sedangkan durasi lamanya proses penggantian nomor telepon ini biasanya membutuhkan waktu sekitar 15-30 menit saja.
Anda juga perlu menyiapkan beberapa hal sebelum mengajukan penggantian nomor telepon IndiHome, antara lain:
- Nomor Pelanggan IndiHome.
- Nomor telepon baru, pastikan aktif dan dapat menerima SMS.
- Perangkat (HP atau laptop) dengan koneksi internet.
Cara Ganti Nomor Telepon Indihome di Call Center
Berikut ini panduan langkah mengganti nomor telepon IndiHome dengan menghubingi call center:
- Siapkan dulu nomor pelanggan IndiHome dan nomor telepon baru Anda.
- Buka aplikasi telepon di HP Anda.
- Tekan 147 (call center IndiHome) lalu Panggil/ OK.
- Setelah itu, tunggu sampai Anda terhubung ke petugas.
- Saat sudah terhubung, silakan sampaikan bahwa Anda ingin mengganti nomor telepon.
- Selanjutnya, petugas akan memandu Anda dalam proses penggantian nomor.
- Nantinya, Anda akan menerima SMS verifikasi yang terkirim ke nomor telepon baru.
- Silakan berikan kode verifikasi tersebut pada petugas untuk menyelesaikan proses penggantian nomor.
Cara Ubah Nomor Telepon IndiHome di Aplikasi MyIndihome
Jika Anda ingin menggunakan aplikasi MyIndiHome, berikut ini langkah mengganti nomor telepon IndiHome Anda:
- Pastikan Anda sudah mendownload dan menginstall aplikasi MyIndiHome dari sumber resmi.
- Setelah itu, jalankan aplikasi dan daftar akun memakai nomor telepon atau alamat email terdaftar.
- Lanjutkan dengan login ke aplikasi.
- Setelah berhasil login, ketuk menu Profile di halaman utama aplikasi.
- Berikutnya, ketuk tombol Ubah Nomor Telepon.
- Silakan masukkan nomor telepon baru Anda dan lakukan konfirmasi.
- Selanjutnya, silakan ikuti instruksi yang muncul di layar untuk melanjutkan.
- Setelah itu, Anda akan menerima SMS verifikasi pada nomor telepon baru Anda.
- Masukkan kode verifikasi ke kolom yang tersedia di aplikasi MyIndiHome.
- Terakhir, ketuk tombol Verifikasi untuk menyelesaikan proses ganti nomor.
Mengganti Nomor Telepon di Website Indihome
Apabila Anda sedang mengakses laptop, silakan ikuti panduan berikut untuk mengganti nomor telepon pada website IndiHome:
- Buka aplikasi browser Anda di laptop (atau HP) lalu kunjungi website IndiHome: https://indihome.co.id/.
- Setelah website terbuka, klik Login (di kanan atas halaman website).
- Silakan masukkan alamat email atau nomor telepon terdaftar pada akun IndiHome Anda.
- Ketuk Login setelah memasukkan password akun Anda.
- Apabila berhasil login, klik menu Pelanggan lalu pilih opsi Profil.
- Di halaman profil, silakan klik Ubah Nomor Telepon.
- Kemudian masukkan nomor telepon baru Anda lalu konfirmasi.
- Silakan ikuti petunjuk untuk melanjutkan prosesnya.
- Anda akan menerima SMS verifikasi yang terkirim ke nomor telepon baru.
- Masukkan kode verifikasi tersebut ke kolom yang tersedia di website IndiHome.
- Setelah itu, klik Verifikasi untuk menyelesaikan proses ganti nomor telepon IndiHome.
Akhir Kata
Demikian penjelasan opsi cara mengganti nomor telepon di IndiHome serta alasan mengapa ganti nomor ini perlu pengguna lakukan.
Setelah berganti nomor, simpan dan pergunakan nomor telepon baru Anda dengan bijak.
Ada baiknya pula Anda memperbarui nomor telepon di semua akun dan layanan yang Anda gunakan, seperti bank, provider seluler, marketplace atau lainnya.
Apabila Anda kesulitan mengganti nomor telepon IndiHome, silakan hubungi call center IndiHome untuk bantuan lebih lanjut.