Cara Menghapus Sheet di Excel

Ini 2 Cara Menghapus Sheet di Excel dengan Mudah dan Aman 

Diposting pada

Cara menghapus sheet di Excel bisa pengguna lakukan melalui klik kanan atau melalui menu Delete sheet. 

Meskipun terkesan sederhana, proses penghapusan lembar kerja ini dapat membantu menjaga workbook Anda tetap terorganisir. 

Selain lebih efisien, jumlah sheet juga mempengaruhi kecepatan memuat dokumen saat akan dibuka. 

Lalu, bagaimanakah langkah-langkah untuk menghilangkan sheet ini? Silakan simak penjelasannya berikut ini untuk hapus dengan mudah dan aman. 

Bagaimanakah Cara Menghapus Sheet di Excel dan Cara Memulihkannya? 

Cara Menghapus Sheet di Excel

Sekedar informasi, sheet yang juga dikenal sebagai worksheet di Excel, adalah lembar kerja yang berisi sel-sel untuk memasukkan data. 

Nah, setiap file .XLSX atau buku kerja (workbook) Excel bisa berisi beberapa sheet yang memungkinkan pengguna mengelolan berbagai macam informasi sekaligus.  

Sebagai contoh, dalam sebuah file Excel, pengguna bisa memiliki masing-masing satu sheet untuk data penjualan, untuk inventaris, dan laporan keuangan.  

Pentingnya Menghapus Worksheet Excel 

Ada beberapa macam alasan yang mungkin juga bisa menjadi pertimbangan tambahan bagi Anda untuk menghapus lembar kerja yang terlalu banyak.   

Jika Anda masih enggan menghapus sheet, silakan simak beberapa pertimbangan berikut ini:  

Memudahkan Pengelolaan Data 

Jelas, alasan utama pengguna menghapus lembar kerja adalah untuk menghilangkan data yang sudah tidak diperlukan lagi. 

Data yang sudah tidak relevan, bisa dihilangkan agar file lebih terorganisir dan lembar kerja lebih mudah untuk dibaca dan dipahami.  

Meningkatkan Kecepatan Loading File

Workbook yang lebih sedikit lembar kerja di dalamnya, akan lebih ringan saat hendak dibuka. 

Hal ini karena sistem lebih mudah untuk membuka file yang sudah efisien, bebas dari sheet yang tidak perlu.  

Menghemat Penyimpanan 

Memang, jika hanya satu file, menghapus sheet mungkin tak akan berpengaruh signifikan pada ukuran file Excel tersebut. 

Baca Juga:  Begini 4 Pilihan Cara Menemukan Data Duplikat di Excel 

Namun jika pengguna terbiasa efisien, maka ukuran file-file kerja ini akan lebih kecil karena bebas dari lembar yang tidak perlu dan menghemat penyimpanan.   

Pilihan Cara untuk Menghapus Worksheet 

Perlu kami ingatkan agar pengguna tetap cermat dalam menghapus sheet dan selalu memastikan bahwa data yang dihapus memang sudah tidak diperlukan. 

Berikut ini pilihan cara yang bisa Anda pilih untuk menghapus sheet di buku kerja Excel: 

Menghapus Lembar Kerja Menggunakan Klik Kanan 

Cara Menghapus Sheet di Excel

Metode ini menjadi opsi yang lebih praktis dan lebih cocok jika Anda hanya ingin menghapus satu sheet atau sheet tertentu saja. 

Berikut langkah yang perlu Anda ikuti:  

  1. Buka file Excel yang ingin Anda edit kemudian tentukan sheet yang akan Anda hapus (lihat daftar nama sheet di bagian bawah). 
  2. Setelah itu, klik kanan pada tab sheet tersebut lalu pilih opsi Delete dari menu pop up. 
  3. Apabila Anda ingin menghapus beberapa sheet sekaligus, silakan tekan tahan tombol Ctrl. 
  4. Lalu sambil menahan Ctrl tadi, klik pada tab-tab sheet yang ingin Anda hapus. 
  5. Setelah itu, klik kanan pada salah satu sheet terpilih lalu pilih Deleta dari menu yang muncul. 

Hapus Sheet Menggunakan Menu Delete Sheet 

Jika Anda lebih familiar dengan menu, silakan ikuti langkah berikut: 

  1. Buka file Excel yang ingin Anda edit kemudian klik pada nama worksheet yang ingin Anda hapus. 
  2. Setelah itu, klik menu Home (di ribbon atas). 
  3. Selanjutnya, klik tombol delete di grup Cells. 
  4. Dari menu dropdown yang muncul, silakan pilih Delete Sheet lalu konfirmasi penghapusan jika diminta. 

Cara Memulihkan Sheet yang Tak Sengaja Terhapus 

Sebagai opsi pengamanan, berikut ini pilihan cara apabila Anda ingin memulihkan worksheet Excel yang telah dihapus.  

Entah karena berubah pikiran atau karena tak sengaja, Anda masih bisa memulihkan lembar kerja yang telah terhapus. 

Berikut ini beberapa opsi pemulihan sheet yang bisa Anda coba: 

Menggunakan Perintah Undo 

Jika Anda masih belum menutup buku kerja Excel tersebut, maka opsi ini adalah pilihan cara yang paling mudah. 

Untuk membatalkan perintah penghapusan worksheet di Microsoft Excel, silakan tekan pintasan keyboard Ctrl+Z.  

Baca Juga:  Rekomendasi 5 Aplikasi Foto Penghasil Uang yang Membayar 

Perintah Undo akan membatalkan tindakan terakhir yang Anda lakukan di buku kerja Anda, termasuk penghapusan worksheet. 

Pulihkan dari Recycle Bin 

Opsi kedua ini bisa Anda pertimbangkan jika Anda sudah menutup file Excel atau sudah melakukan tindakan lain setelah hapus sheet. 

Kedua situasi di atas membuat perintah Undo lebih sulit untuk dilakukan karena mungkin perintah terakhir pada file Excel sudah tak terekam lagi di sistem. 

Jika sudah begini, silakan periksa Recycle Bin di komputer Anda karena file terhapus kemungkinan masih bisa Anda pulihkan, termasuk sheet yang terhapus. 

Klik kanan pada file yang ingin Anda pulihkan kemudian pilih Restore.   

Pulihkan dengan Fitur Version History di Windows 

Apabila file sudah tidak ada lagi di Recycle Bin, maka Anda bisa menggunakan fitur Version History atau File History Windows untuk mencoba memulihkan versi file. 

Ada kemungkinan versi file Excel masih terekam oleh sistem, yaitu versi saat Anda masih belum menghapus sheet. 

Namun untuk menggunakan fitur ini, Anda perlu memastikan bahwa System Protection si laptop Anda aktif dengan versi file tersimpan oleh Windows. 

Berikut langkah-langkah yang bisa Anda ikuti: 

  1. Buka folder tempat Anda menyimpan file Excel tersebut. 
  2. Setelah itu klik kanan pada ikon folder tersebut lalu pilih Restore previous versions. 
  3. Anda akan melihat daftar versi folder yang tersedia dari waktu ke waktu, silakan pilih versi yang sebelum waktu penghapusan sheet. 
  4. Jika sudah yakin, klik Restore untuk memulihkan folder tersebut ke versi sebelumnya. 

Pulihkan dengan Fitur AutoRecover Excel 

Microsoft Excel memiliki fitur AutoRecover yang dapat memulilhkan file Anda secara otomatis karena perubahan yang tak disengaja atau saat pengguna berubah pikiran. 

Pastikan saja Anda sudah mengaktifkan fitur  ini di pengaturan aplikasi Excel Anda untuk mencoba pemulihan ke versi sebelum sheet terhapus. 

Akhir Kata 

Itulah tadi pelihan cara menghapus sheet di Excel dengan aman melalui opsi yang bisa Anda coba untuk memulihkannya kembali. 

Ya, ada kalanya penghapusan sheet terjadi secara tak sengaja dan ingin Anda pulihkan kembali setelah menyadari atau berubah pikiran. 

Dengan demikian, Anda bisa mengelola data di workbook Excel dengan relatif aman.   

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *