Cek FUP IndiHome adalah langkah yang perlu diketahui pengguna untuk mengetahui batas pemakaian wajar pada paket yang mereka gunakan. Langkah ini penting diketahui oleh pengguna yang ingin menyesuaikan penggunaan internet untuk menghindari penurunan kecepatan selama menggunakan paket internet unlimited. Hal ini karena IndiHome menerapkan pembatasan kecepatan setelah pengguna menghabiskan kuota dalam jumlah tertentu yang menyebabkan pengguna mengeluh internet mereka tiba-tiba lemot.
Sekilas tentang Pentingnya Cek FUP IndiHome
Perlu diketahui bahwa Telkom, selaku penyedia layanan, menerapkan Fair Usage Policy (FUP) IndiHome untuk mengatur batas pemakaian wajar paket internet unlimited IndiHome. Pembatasan yang dirasakan pengguna karena mencapai FUP ini berupa penurunan kecepatan koneksi yang beragam sesuai dengan ketentuan paket yang dipilih pengguna. Selain itu, pengguna masih tetap bisa mengakses internet meskipun tak secepat saat sebelum terkena pembatasan.
Batas penggunaan wajar yang diterapkan IndiHome ini bertujuan untuk memastikan kenyamanan para pengguna yang berlangganan paket internet unlimited. Selain itu, aturan ini juga dimaksudkan untuk mencegah tindak penyalahgunaan bandwith dan kuota internet oleh pengguna yang tak bertanggungjawab. Misalnya internet yang digunakan secara massal oleh banyak perangkat secara bebas dan sebagainya.
FUP IndiHome diberlakukan setiap bulannya dengan nilai pembatasan yang beragam sesuai paket internet pilihan pelanggan. Artinya, pengguna yang sudah mencapai FUP tetap dapat mengakses internet, namun lebih lambat, hingga akhir periode. Setelah melewati periode tagihan, maka kecepatan internet akan dipulihkan sesuai penawaran dalam paket.
Saat ini, IndiHome menerapkan pembatasan untuk paket internet unlimitednya dalam 2 tahap. Artinya, penurunan kecepatan internet yang dirasakan oleh pengguna tidak akan menurun secara drastis. Berikut skema pembatasan FUP yang bisa Anda pelajari:
Jenis Paket | Batas FUP1 | Kecepatan FUP1 | Batas FUP2 | Kecepatan FUP2 |
100 Mbps | 2000 GB | 50% | – | – |
50 Mbps | 1200 GB | 75% | 2000 GB | 40% |
40 Mbps | 900 GB | 75% | 1600 GB | 40% |
30 Mbps | 700 GB | 75% | 1200 GB | 40% |
20 Mbps | 500 GB | 75% | 800 GB | 40% |
10 Mbps | 300 GB | 75% | 400 GB | 40% |
Nah, apabila koneksi internet paket unlimited IndiHome Anda tiba-tiba menjadi lemot padahal tidak ada gangguan, maka besar kemungkinan penggunaan sudah mencapai FUP. Untuk itu, penting bagi Anda untuk memeriksa berapa batas FUP yang diterapkan untuk paket Anda, dan sudah berapa banyak kuota internet yang Anda gunakan saat ini.
Cara Cek Penggunaan Internet IndiHome
Nah, apabila Anda ingin menghindari penurunan kecepatan internet karena mencapai FUP, maka ada baiknya Anda memeriksa jumlah kuota secara berkala. Anda sebagai pengguna bisa menyesuaikan penggunaan internet apabila akan ada kebutuhan khusus pada hari tertentu atau pada saat-saat penting. Untuk melakukan cek penggunaan internet dan menyesuaikan dengan FUP IndiHome di atas, ada beberapa opsi yang bisa Anda pilih, antara lain:
1. Cek Penggunaan Internet IndiHome lewat SMS
Opsi pertama menggunakan SMS, yaitu dengan mengirimkan SMS dalam format tertentu, berikut langkahnya:
- Buka aplikasi pesan di ponsel Anda
- Buat pesan baru dengan format ISP IH [kode area+nomor telepon rumah] Contoh: ISP IH 02187654321
- Kirim pesan tersebut ke nomor 98108.
- Tunggu balasan SMS berisi informasi pemakaian kuota dan sisa kuota
2. Cek Penggunaan Internet IndiHome lewat Aplikasi myIndiHome
Cara mudah lainnya adalah menggunakan aplikasi resmi yang bisa diunduh dari PlayStore atau AppStore, berikut langkah penggunaannya:
- Setelah terinstal, silakan login ke aplikasi myIndiHome dengan akun Anda
- Anda bisa langsung melihat informasi paket, tagihan dan pemakaian kuota pada halaman utama aplikasi
3. Cek Penggunaan Internet IndiHome lewat Website
Jika Anda sedang tidak bisa mengakses ponsel, masih ada opsi untuk cek pemakaian melalui website dengan langkah sebagai berikut:
- Buka browser di laptop kemudian
- Masukkan https://subsystem.indihome.co.id/prepaid-system/sisakuota ke address bar (kolom alamat atau kolom penelusuran)
- Setelah berada di tampilan website, silakan masukkan nomor telepon IndiHome Anda
- Berikutnya, detail pemakaian kuota dan sisa kuota akan ditampilkan pada halaman tersebut
4. Cek Penggunaan Internet IndiHome lewat 147 (Call Center)
Anda juga bisa menghubungi layanan customer service untuk meminta bantuan cek pemakaian internet. Berikut langkahnya:
- Buka aplikasi panggilan atau gunakan ponsel dan telepon rumah Anda
- Tekan 147 kemudian OK/ Yes/ Panggil
- Silakan ikuti instruksi yang diperdengarkan
- Pilih menu layanan IndiHome
- Selanjutnya, Anda akan dihubungkan ke customer service untuk mengecek pemakaian dan FUP
5. Cek Penggunaan Internet IndiHome lewat Email
Anda juga bisa menggunakan kanal surel atau email untuk mengetahui pemakaian internet. Berikut caranya:
- Buka aplikasi layanan email yang Anda gunakan
- Buat email baru dengan [email protected] sebagai penerima
- Tuliskan Cek FUP IndiHome sebagai subjek email dan sertakan nomor telepon IndiHome dan nama pelanggan
- Tunggu hingga Anda mendapatkan email balasan yang berisi informasi pemakaian dan FUP IndiHome
Akhir Kata
Demikian penjelasan tentang pentingnya cek FUP IndiHome dan pilihan cara untuk cek pemakaian internet unlimited. Apabila Anda terkendala, silakan hubungi customer care IndiHome di kanal sosial media resmi baik di Facebook maupun Twitter. Atau untuk situasi mendesak, Anda bisa meminta bantuan dari petugas dengan menghubungi call center IndiHome 147.