Pengertian MPLS PAUD
Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) adalah kegiatan yang dilakukan di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) untuk memperkenalkan sekolah kepada anak-anak yang baru akan memulai pendidikan formal. MPLS PAUD bertujuan untuk membuat anak-anak merasa nyaman, aman, dan terbiasa dengan lingkungan sekolah sebelum memasuki kelas. Berikut ini adalah beberapa contoh kegiatan yang dapat dilakukan dalam MPLS PAUD.
1. Perkenalan Guru dan Staff
Pada hari pertama MPLS PAUD, anak-anak akan diperkenalkan dengan guru dan staf sekolah. Guru-guru akan memperkenalkan diri, memberikan salam, dan menjelaskan peran mereka dalam membantu anak-anak dalam proses belajar. Hal ini akan membantu anak-anak merasa lebih dekat dan akrab dengan guru-guru mereka.
2. Penjelajahan Ruang Kelas
Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan adalah penjelajahan ruang kelas. Anak-anak akan diajak mengunjungi ruang kelas mereka dan diperkenalkan dengan berbagai fasilitas yang ada di dalamnya, seperti meja, kursi, papan tulis, dan peralatan belajar lainnya. Hal ini akan membantu anak-anak merasa lebih familiar dengan ruang kelas mereka.
3. Permainan Ice Breaker
Permainan ice breaker adalah kegiatan yang bertujuan untuk memecah kebekuan dan mempererat hubungan antara anak-anak. Contohnya adalah permainan saling kenal, permainan berkelompok, atau permainan berbagi cerita. Dengan melakukan permainan ini, anak-anak akan merasa lebih nyaman dan terbiasa berinteraksi satu sama lain.
4. Membuat Nama Panggilan
Salah satu cara agar anak-anak merasa lebih dekat dengan guru dan teman-temannya adalah dengan membuat nama panggilan. Guru dapat mengajak anak-anak untuk memilih nama panggilan yang mereka sukai, sehingga anak-anak akan merasa lebih akrab dan terikat dengan guru dan teman-temannya.
5. Bermain Peran
Bermain peran adalah kegiatan yang dapat membantu anak-anak memahami peran dan tanggung jawab mereka di sekolah. Guru dapat mengajak anak-anak bermain peran sebagai siswa, guru, atau staf sekolah lainnya. Hal ini akan membantu anak-anak memahami apa yang diharapkan dari mereka di sekolah.
6. Mengenal Lingkungan Sekolah
MPLS PAUD juga dapat mencakup kegiatan mengenal lingkungan sekolah. Anak-anak dapat diajak berkeliling sekolah untuk mengenal berbagai fasilitas, seperti perpustakaan, taman, kantin, dan ruang seni. Hal ini akan membantu anak-anak merasa lebih familiar dengan lingkungan sekolah mereka.
7. Perkenalan Aturan dan Norma
Pada MPLS PAUD, anak-anak juga perlu diperkenalkan dengan aturan dan norma-norma yang berlaku di sekolah. Guru dapat menjelaskan aturan-aturan dasar, seperti disiplin, kerapihan, kebersihan, dan sikap sopan santun. Hal ini akan membantu anak-anak memahami apa yang diharapkan dari mereka di sekolah.
8. Cerita dan Bercerita
Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan adalah cerita dan bercerita. Guru dapat membacakan cerita kepada anak-anak atau meminta mereka untuk bercerita tentang diri mereka sendiri. Melalui kegiatan ini, anak-anak akan merasa lebih nyaman berkomunikasi dan berbagi pengalaman dengan guru dan teman-temannya.
9. Kegiatan Seni dan Kreativitas
MPLS PAUD juga dapat mencakup kegiatan seni dan kreativitas, seperti melukis, mewarnai, membuat kerajinan tangan, atau menyanyi. Hal ini akan membantu anak-anak mengekspresikan diri dan mengembangkan kreativitas mereka. Selain itu, kegiatan seni juga dapat membantu anak-anak merasa lebih rileks dan gembira di sekolah.
10. Penutup
MPLS PAUD adalah momen penting dalam memperkenalkan sekolah kepada anak-anak. Dengan melakukan berbagai kegiatan yang menyenangkan dan interaktif, anak-anak dapat merasa nyaman, aman, dan terbiasa dengan lingkungan sekolah mereka. MPLS PAUD juga dapat membantu anak-anak memahami aturan, norma, dan peran mereka di sekolah. Dengan demikian, mereka akan lebih siap dan percaya diri dalam memulai pendidikan formal mereka.