Contoh RPP Merdeka Belajar SD

Diposting pada

Merdeka Belajar merupakan program yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Indonesia dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di tingkat Sekolah Dasar (SD). Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Merdeka Belajar SD menjadi salah satu elemen penting dalam implementasi program ini. Pada artikel ini, kita akan membahas contoh RPP Merdeka Belajar SD yang dapat menjadi panduan bagi guru-guru dalam menyusun RPP yang efektif.

Pendahuluan

Program Merdeka Belajar bertujuan untuk memberikan kebebasan kepada guru dalam mengembangkan metode pembelajaran yang inovatif dan kreatif. RPP Merdeka Belajar SD menjadi alat yang digunakan oleh guru untuk merencanakan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan konteks pembelajaran di era digital ini.

RPP Merdeka Belajar SD perlu disusun dengan baik dan memperhatikan beberapa komponen penting, seperti identifikasi kompetensi dasar yang akan dicapai, tujuan pembelajaran, metode pembelajaran yang digunakan, serta penilaian hasil belajar siswa. Berikut ini adalah contoh RPP Merdeka Belajar SD yang dapat dijadikan referensi bagi guru-guru dalam menyusun RPP yang efektif dan relevan:

Identifikasi Kompetensi Dasar

Sebelum menyusun RPP, guru perlu melakukan identifikasi terhadap kompetensi dasar yang akan dicapai dalam pembelajaran. Contoh kompetensi dasar yang dapat dijadikan acuan dalam merencanakan pembelajaran adalah sebagai berikut:

1. Mengidentifikasi jenis-jenis tumbuhan berdasarkan ciri-cirinya.

2. Menyebutkan manfaat tumbuhan bagi kehidupan manusia.

Baca Juga:  Omah Madu Bogor: Tempat Terbaik untuk Menikmati Madu Segar di Kota Bogor

3. Mengamati perubahan bentuk dan posisi benda yang terjadi pada benda-benda di sekitar kita.

4. Menyebutkan manfaat energi dalam kehidupan sehari-hari.

5. Menjelaskan proses pembuatan pupuk kompos.

Tujuan Pembelajaran

Tujuan pembelajaran dalam RPP Merdeka Belajar SD harus spesifik, jelas, dan sesuai dengan kompetensi dasar yang telah diidentifikasi. Berikut adalah contoh tujuan pembelajaran dalam RPP Merdeka Belajar SD:

1. Siswa dapat mengidentifikasi jenis-jenis tumbuhan berdasarkan ciri-cirinya.

2. Siswa dapat menyebutkan manfaat tumbuhan bagi kehidupan manusia.

3. Siswa dapat mengamati perubahan bentuk dan posisi benda yang terjadi pada benda-benda di sekitar kita.

4. Siswa dapat menyebutkan manfaat energi dalam kehidupan sehari-hari.

5. Siswa dapat menjelaskan proses pembuatan pupuk kompos.

Metode Pembelajaran

Metode pembelajaran dalam RPP Merdeka Belajar SD haruslah variatif dan mengedepankan partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran. Berikut adalah contoh metode pembelajaran yang dapat digunakan dalam RPP Merdeka Belajar SD:

1. Diskusi kelompok: Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok untuk mendiskusikan topik pembelajaran yang telah disajikan oleh guru. Setiap kelompok diharapkan dapat berpartisipasi aktif dalam diskusi dan menyampaikan hasil diskusi kepada seluruh kelas.

2. Penelitian lapangan: Guru membawa siswa ke lingkungan sekitar sekolah untuk melakukan penelitian lapangan terkait dengan topik pembelajaran. Siswa akan belajar melalui pengamatan langsung dan mengumpulkan data-data yang relevan.

3. Presentasi: Setiap siswa diminta untuk membuat presentasi mengenai topik pembelajaran yang telah dipelajari. Siswa dapat menggunakan media presentasi seperti poster, slide, atau video.

Baca Juga:  Surat Perjanjian Siswa: Menjaga Kualitas Pendidikan dan Kerjasama

4. Permainan edukatif: Guru menyajikan permainan edukatif yang dapat mengasah kemampuan siswa dalam memahami dan menerapkan konsep-konsep pembelajaran. Permainan ini haruslah interaktif dan menarik bagi siswa.

Penilaian Hasil Belajar

Penilaian hasil belajar merupakan bagian penting dari RPP Merdeka Belajar SD. Guru perlu menyusun instrumen penilaian yang sesuai dengan kompetensi dasar yang telah ditetapkan. Berikut adalah contoh instrumen penilaian yang dapat digunakan dalam RPP Merdeka Belajar SD:

1. Tes tertulis: Guru dapat menyusun soal-soal pilihan ganda, esai, atau uraian yang menguji pemahaman siswa terhadap konsep-konsep pembelajaran.

2. Observasi: Guru mengamati aktivitas dan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran. Guru dapat memberikan penilaian berdasarkan keterlibatan siswa dalam diskusi, penelitian lapangan, atau presentasi.

3. Portofolio: Siswa diminta untuk menyusun portofolio hasil pembelajaran, seperti foto-foto kegiatan, tulisan refleksi, atau video dokumentasi.

Kesimpulan

RPP Merdeka Belajar SD merupakan alat yang penting dalam implementasi program Merdeka Belajar di tingkat SD. Dalam menyusun RPP Merdeka Belajar SD, guru perlu memperhatikan identifikasi kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, metode pembelajaran, serta penilaian hasil belajar siswa. Dengan menyusun RPP yang baik, diharapkan proses pembelajaran di SD dapat berjalan efektif dan sesuai dengan kebutuhan siswa serta konteks pembelajaran di era digital ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *