Pendahuluan
Post test adalah salah satu metode evaluasi yang digunakan dalam dunia pendidikan untuk mengukur sejauh mana tujuan pembelajaran telah tercapai. Setelah mengikuti suatu proses belajar mengajar, siswa akan diuji melalui post test untuk mengukur pemahaman mereka terhadap materi yang telah diajarkan. Dalam artikel ini, akan dibahas jawaban yang tepat untuk mengenal kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran dalam post test.
Pengertian Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran
Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran adalah standar yang digunakan untuk mengevaluasi sejauh mana siswa telah mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Dalam konteks post test, kriteria ini digunakan untuk menilai jawaban siswa dan menentukan sejauh mana mereka telah memahami materi yang diajarkan.
Komponen Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran
Ada beberapa komponen yang perlu diperhatikan dalam menentukan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran, antara lain:
- Ketepatan dan kebenaran jawaban siswa
- Kompleksitas dan kedalaman pemahaman siswa terhadap materi
- Kemampuan siswa dalam mengaplikasikan konsep yang telah dipelajari
- Kemampuan siswa dalam menganalisis dan mengevaluasi informasi
- Kemampuan siswa dalam menyusun argumen atau pendapat yang berdasarkan pada pengetahuan yang telah dipelajari
Sebagai contoh, jika tujuan pembelajaran adalah “mampu menjelaskan prinsip dasar fisika dalam kehidupan sehari-hari”, maka jawaban yang memenuhi kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran dapat berupa:
“Fisika merupakan cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang sifat-sifat materi dan energi serta hubungannya dengan kehidupan sehari-hari. Contohnya, ketika kita berjalan, kita menggunakan prinsip dasar fisika seperti gaya dan gerak. Ketika kita memasak, kita menggunakan prinsip dasar fisika seperti panas dan konduksi. Dengan memahami prinsip dasar fisika ini, kita dapat lebih memahami fenomena-fenomena sehari-hari yang terjadi di sekitar kita.”
Penilaian Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran
Untuk menilai kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran dalam post test, dapat digunakan skala penilaian yang telah ditentukan sebelumnya. Misalnya, skala penilaian yang digunakan adalah:
- Sangat Baik: Jawaban siswa sangat tepat, lengkap, dan mendalam
- Baik: Jawaban siswa cukup tepat, lengkap, dan mendalam
- Cukup: Jawaban siswa masih kurang tepat, lengkap, dan mendalam
- Kurang: Jawaban siswa tidak tepat, lengkap, dan mendalam
Kesimpulan
Dalam post test, jawaban siswa perlu dinilai berdasarkan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran. Kriteria ini mencakup ketepatan dan kebenaran jawaban siswa, kompleksitas dan kedalaman pemahaman siswa terhadap materi, kemampuan siswa dalam mengaplikasikan konsep, kemampuan siswa dalam menganalisis dan mengevaluasi informasi, serta kemampuan siswa dalam menyusun argumen atau pendapat yang berdasarkan pada pengetahuan yang telah dipelajari. Dengan menggunakan kriteria ini, guru dapat mengevaluasi sejauh mana tujuan pembelajaran telah tercapai dan memberikan umpan balik yang sesuai kepada siswa.