Lacak paket Pos Kilat adalah langkah untuk mengetahui perkembangan terkini dari pengiriman surat atau paket yang menggunakan layanan tersebut. Salah satu layanan dari PT. Pos Indonesia ini menjadi salah satu pilihan favorit banyak pengguna karena tarifnya yang terjangkau dengan pengiriman yang cukup cepat. Lantas bagaimana cara mengetahui sampai mana pengiriman yang Anda order?
Kelebihan, Kekurangan dan Cara Lacak Paket Pos Kilat
Sebagai informasi, Pos Kilat adalah salah satu layanan pengiriman surat dan paket dari PT Pos Indonesia yang menjanjikan waktu pengiriman yang cepat dengan tarif yang relatif ekonomis. Durasi pengiriman paket dengan layanan ini berkisar antara 1-3 hari kerja, tergantung pada jarak antara asal dan tujuan. Sementara untuk tarif, layanan ini mulai dari Rp.9.000 saja per kilogramnya.
Kelebihan Layanan Pos Kilat
Ada beberapa alasan mengapa masyarakat banyak mengandalkan layanan ini, antara lain karena kelebihan sebagai berikut:
Relatif Cepat
Paket atau surat dengan layanan ini dapat sampai ke tujuan dalam waktu singkat, sehingga cocok untuk pengiriman dokumen atau barang yang mendesak
Murah
Pos Kilat memiliki tarif yang lebih rendah dibandingkan dengan layanan pengiriman lainnya, seperti JNE, TIKI, atau J&T
Jangkauan Luas
Sebagai produk PT. Pos Indonesia, maka layanan ini dapat mengirimkan surat dan paket ke seluruh wilayah Indonesia, termasuk daerah terpencil bahkan yang sulit dijangkau
Aman
Pilihan paket ini menerapkan nomor resi yang dapat digunakan untuk melacak status dan lokasi pengiriman secara online
Kekurangan Layanan Pos Kilat
Namun demikian, ada pula beberapa hal yang membuat Anda perlu mempertimbangkan kembali layanan ini, antara lain karena:
Ada Keterbatasan
Layanan Kilat hanya dapat mengirimkan surat dan paket dengan berat maksimal 20 kilogram dan ukuran maksimal 100 x 60 x 70 cm saja
Kurang Fleksibel
Layanan ini tidak dapat mengakomodasi permintaan khusus dari pelanggan, seperti pengiriman pada hari libur, penjemputan paket di rumah, atau asuransi barang
Kadang Tidak Konsisten
Sayangnya, layanan pengiriman paket ini juga bisa mengalami keterlambatan atau kesalahan dalam pengiriman, akibat faktor cuaca, kerusakan kendaraan, atau kesalahan manusia
Cara Cek Status Pengiriman Pos Kilat
Sebagai salah satu penyedia layanan pengiriman terkemuka di Tanah Air, PT. Pos Indonesia menghadirkan berbagai pilihan cara yang dapat pengguna sesuaikan dengan prefernsinya. Anda bisa memilih salah satu dari metode cek status paket berikut ini:
Melalui Website Resmi Pos indonesia
Untuk melacak pengiriman Paket Pos Kilat di website resmi, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:
- Buka browser lalu kunjungi website resmi PT Pos Indonesia
- Setelah itu, pilih menu Lacak Kiriman (di bagian atas)
- Silakan masukkan nomor resi pengiriman Anda pada kolom yang tersedia (nomor resi adalah 13 digit angka dan huruf di bukti pengiriman atau struk pembayaran)
- Jika sudah benar, klik tombol Cari atau tekan tombol Enter
- Selanjutnya Anda akan melihat status dan lokasi terkini pengiriman Anda di halaman hasil pencarian
- Selain itu, Anda juga dapat melihat riwayat pergerakan pengiriman Anda dengan mengklik tombol Detail
Opsi ini memiliki langkah yang terbilang sama jika Anda menggunakan aplikasi Pos Indonesia dengan opsi mengaktifkan notifikasi perkembangan pengiriman paket.
Melalui Website Pihak Ketiga
Anda juga bisa melacak pengiriman paket melalui layanan pihak ketiga seperti cekresi.com atau lacakpaket.com melalui website mereka. Berikut langkahnya:
- Buka browser kemudian kunjungi website layanan yang ingin Anda gunakan
- Silakan masukkan nomor resi pengiriman Anda pada kolom yang tersedia
- Jika sudah benar, klik tombol Cek atau Lacak
- Selanjutnya Anda akan melihat status pengiriman paket
Melalui Media Sosial
Opsi lain, jika Anda ragu dengan layanan pihak ketiga, Anda juga bisa memanfaatkan media sosial. Silakan cari akun resmi Pos Indonesia kemudian hubungi layanan service yang tersedia. Berikan nomor resi Anda kepada petugas untuk mengetahui progress pengiriman paket Kilat Anda.
Akhir Kata
Lacak paket Pos Kilat ini gratis, alias tidak ada biaya tambahan karena sudah menjadi bagian dari layanan itu sendiri. Maka dari itu, untuk menghindari hal yang tak diinginkan, tak ada salahnya Anda sering-sering melacak status pengiriman Anda. Terlebih jika barang yang Anda paketkan tersebut memiliki nilai yang tinggi atau menyangkut reputasi Anda.