Penelitian Tindakan Kelas Menurut Para Ahli

Diposting pada

Apa itu Penelitian Tindakan Kelas?

Penelitian tindakan kelas (PTK) merupakan sebuah metode penelitian yang dilakukan oleh para guru untuk memperbaiki kualitas pembelajaran di dalam kelas. PTK melibatkan langkah-langkah sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa, memperbaiki metode pengajaran, dan mengatasi masalah-masalah yang muncul di dalam kelas.

Para Ahli Tentang Penelitian Tindakan Kelas

Berikut adalah pendapat beberapa para ahli tentang penelitian tindakan kelas:

1. Kemmis dan McTaggart

Kemmis dan McTaggart (1988) mendefinisikan penelitian tindakan kelas sebagai suatu “penelitian kolaboratif yang dilakukan oleh guru untuk memecahkan masalah-masalah kompleks di dalam kelas, dengan tujuan meningkatkan praktik pengajaran dan hasil belajar siswa.”

2. Elliot

Elliot (1991) mengungkapkan bahwa penelitian tindakan kelas merupakan “sebuah upaya yang dilakukan oleh guru untuk memahami dan memperbaiki pengajaran mereka melalui refleksi dan tindakan yang sistematis.”

3. Hopkins

Hopkins (1993) memandang penelitian tindakan kelas sebagai “suatu proses berkelanjutan yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan kualitas pengajaran dan pembelajaran, dengan menerapkan langkah-langkah siklus yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.”

Baca Juga:  Trasram Adalah: Segala Hal yang Perlu Kamu Ketahui

4. McNiff

McNiff (2002) menyatakan bahwa penelitian tindakan kelas adalah “sebuah proses yang dilakukan oleh guru untuk memperbaiki praktik pengajaran mereka sendiri, dengan berdasarkan pada prinsip-prinsip demokratis dan partisipatif.”

Langkah-langkah Penelitian Tindakan Kelas

Penelitian tindakan kelas melibatkan beberapa langkah yang harus diikuti secara sistematis. Berikut adalah langkah-langkah umum dalam penelitian tindakan kelas:

1. Identifikasi Masalah

Langkah pertama dalam penelitian tindakan kelas adalah mengidentifikasi masalah atau tantangan yang dihadapi dalam proses pembelajaran di kelas. Guru perlu mengamati, menganalisis, dan mendefinisikan masalah secara jelas.

2. Perencanaan

Setelah masalah diidentifikasi, guru perlu merencanakan tindakan yang akan dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Perencanaan meliputi pemilihan strategi pembelajaran, pengumpulan data, dan penentuan indikator keberhasilan.

3. Tindakan

Guru melaksanakan tindakan yang telah direncanakan dalam kelas. Selama proses ini, guru mengumpulkan data dan mencatat hasil dari tindakan yang dilakukan.

4. Observasi dan Evaluasi

Setelah tindakan dilakukan, guru mengamati dan mengevaluasi hasilnya. Guru perlu menganalisis data yang telah dikumpulkan untuk menilai efektivitas tindakan yang dilakukan.

5. Refleksi

Langkah terakhir dalam penelitian tindakan kelas adalah refleksi. Guru merenungkan dan memikirkan ulang tindakan yang telah dilakukan, serta membuat rekomendasi perbaikan untuk masa depan.

Baca Juga:  Ground Clearance Honda Jazz: Semua yang Perlu Anda Ketahui

Manfaat Penelitian Tindakan Kelas

Penelitian tindakan kelas memiliki manfaat yang signifikan dalam pengembangan pembelajaran. Berikut adalah beberapa manfaat dari penelitian tindakan kelas:

1. Meningkatkan Kualitas Pembelajaran

Dengan melakukan penelitian tindakan kelas, guru dapat memperbaiki kualitas pembelajaran di dalam kelas. Melalui refleksi dan evaluasi, guru dapat mengidentifikasi strategi pembelajaran yang efektif dan mengatasi masalah-masalah yang muncul.

2. Meningkatkan Keterlibatan Siswa

PTK juga dapat membantu meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Dengan melibatkan siswa dalam pengambilan keputusan dan pemecahan masalah, mereka akan merasa lebih terlibat dan bersemangat dalam belajar.

3. Peningkatan Kualitas Pengajaran

Penelitian tindakan kelas memungkinkan guru untuk secara terus-menerus meningkatkan kualitas pengajaran mereka. Dengan mencoba berbagai strategi pembelajaran dan menerapkan perbaikan yang diperlukan, guru dapat menjadi lebih efektif dalam mengajar.

4. Pembelajaran Kolaboratif

PTK juga mendorong pembelajaran kolaboratif antara guru dan siswa. Guru dapat melibatkan siswa dalam proses pengambilan keputusan, memfasilitasi diskusi kelompok, dan mendorong partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran.

Kesimpulan

Penelitian tindakan kelas merupakan metode penelitian yang dilakukan oleh guru untuk memperbaiki kualitas pembelajaran di dalam kelas. Dalam penelitian ini, guru mengidentifikasi masalah, merencanakan tindakan, melaksanakan tindakan, mengamati dan mengevaluasi hasilnya, serta merefleksikan tindakan yang telah dilakukan. Penelitian tindakan kelas memberikan manfaat dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, keterlibatan siswa, kualitas pengajaran, dan pembelajaran kolaboratif antara guru dan siswa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *